Terakhir 2014, Max Verstappen Akan Hidupkan Kembali Nomor Start 1 di Grid F1

Selasa, 14/12/2021 21:23 WIB

mobilinanews (Abu Dhabi) - Max Verstappen (Red Bull Honda) mencetak gelar juara dunia kali pertamanya di F1 usai mengalahkan Lewis Hamilton (Mercedes) di GP Abu Dhabi. Tak ada yang tahu apakah musim selanjutnya ia bisa perpanjang gelar. Karena itu wajar jika ia akan meluncur tahun  depan dengan #1.

Salah satu motivasi yang jadi pendorong besar Verstappen berjuang meraih gelar juara dunia adalah keinginan mendapatkan plat nomor 1 di mobil balapnya, sebagai simbol juara bertahan.

Sejak menyukai balap F1, putra pembalap F1 Jos Verstappen itu menyebut nomor start 1 adalah satu hal yang ia impikan. Itu sebabnya sejak bulan lalu ia sudah nyatakan akan bawa kembali #1 ke grid F1 jika jadi juara dunia 2021.

Kini ia sudah meraih gelar 2021. Saatnya mewujudkan mimpi kecilnya membesut mobil sang juara bernomor 1. Verstappen memastikan tahun depan, 2022, ia akan tanggalkan nomor favorit 33 dan menggantinya dengan nomor 1 karena memang hanya ia yang punya hak gunakan nomor itu. Ia punya alasan sendiri dengan pilihan itu.

"Saya berjuang sangat keras untuk meraih nomor itu, nomor yang istimewa karena hanya seorang yang berhak memakainya. Lagipula berapa kali Anda bisa mendapatkan nomor itu? Saya tidak tahu, siapa tahu kesempatan saya hanya sekali ini sepanjang hidup," kata Max.

Sejak akhir mudim 2014, F1 memberlakukan aturan baru penggunaan nomor mobil dengan kebebasan pembalap menggunakan nomor favorit amsing-masing.

Tak lagi diatur sesuai peringkat konstruktor seperti tradisi sebelumnya, dan tak ada kewajiban juara bertahan untuk menggunakan nomor 1 sebagaimana sebelumnya.

Terakhir kali #1 muncul di grid F1 terjadi pada 2014. Digunakan Sebastian Vettel pada mobil RB10 milik tim Red Bull sebagai juara dunia 2013. 

Kini 8 tahun kemudian RB16B besutan Verstappen meraih hak penggunaan nomor itu untuk 2022, dan sudah dipastikan akan hadir di lintasan.

Pada musim 2014 itu Vettel gagal pertahankan gelar. Lewis Hamilton sukses meraih gelar perdananya bersama Mercedes setelah sebelumnya meraih gelar pertama F1 bersama McLaren di musim 2008.

Sesuai aturan baru, Hamilton lebih memilih nomor start 44 dibandingkan #1 sampai saat ia kehilangan gelar pda GP Abu Dhabi 2021 tiga hari lalu.

Pada 2016 Hamilton pun kehilangan gelar dan beralih ke rekan satu timnya di Mercedes, Nico Rosberg. Namun, nomor start 1 tak pernah digunakan Rosberg karena secara mengejtukan ia mengundurkan diri dari F1 hanya beberapa hari setelah jadi juara dunia.

Seperti Verstappen yang punya alasan untuk gunakan #1, begitu pula Hamilton yang menolak gunakan nomor tersebut dengan alasan tersendiri.

"Saat balapan di dalam mobil, aku tak pernah merasa jadi pembalap nomor 1. Dengan begitu aku tak pernah kehilangan semangat dan gairah untuk memburu posisi nomor 1 di akhir musim," katanya. (rnp)

 

 

 

TERKINI
Honda Resmikan Layanan Bodi dan Cat Baru di Mitra Lenteng Agung Depok Jawa Barat, Perluas Layanan Purnajual Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya Mendukung Pelari Perempuan Berprestasi, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Begini Cara "Kartini Zaman Now" Belajar Mengendarai Motor yang Aman Bersama Honda