F1 2021: Pulang dari Abu Dhabi, Charles Leclerc Kembali Kena Covid-19

Jum'at, 17/12/2021 02:08 WIB

mobilinanews (Monaco) - Untuk kali kedua tahun ini pembalap tim Ferrari Charles Leclerc dinyatakan positif terpapar Covid-19. Pembalap asal Monaco ini terpapar usai ikuti GP Abu Dhabi serta tes velg baru F1 dan ban Pirelli di Sirkuit Yas Marina, UEA.

Ini kali kedua Leclerc ditimpa Covid-19. Januari lalu ia kena virus yang sama usai merayakan pesta Tahun Baru bersama teman-temannya.

Ferrari membenarkan kabar itu. Tim Italia ini menyebut kondisi pembalapnya baik-baik saja karena memang ia tak punya gejala apa pun  saat kembali dari Abu Dhabi.

"Charles positif Covid-19. Sesuai protokol kesehatan ia kini lakukan isolasi mandiri di rumahnya," tulis Ferrari di twitter resmi mereka.

Leclerc sendiri mengakhiri musim 2021 dengan mengecewakan di Abu Dhabi. Ia gagal mempertahankan posisi 5 Besar di klasemen karena hanya finish P10 di Yas Marina. Posisinya terlempar ke urutan 7.

Ironisnya, yang menggantikan Leclerc di 5 Besar adalah Carlos Sainz Jr, rekan setimnya yang baru tahun ini memperkuat Ferrari setelah hengkang dari McLaren akhir tahun lalu.

Tadinya Sainz yang berada di peringkat 7, namun naik ke 5 Besar berkat finish podium ketiga di Abu Dhabi. Menemani Max Verstappen dan Lewis Hamilton di atas podium.

Lebih parah lagi, Leclerc  pun kalah dari driver muda McLaren, Lando Norris, yang menempati peringkat 6 klasemen akhir.Padahal sebelum race Abu Dhabi, ia unggul 4 angka dari Norris. Norris finish P7 di AbuDhabi dengan tambahan 6 poin, sedangkan Leclerc hanya bawa pulang 1 angka.

Terlempar ke urutan 7 di klasemen akhir jelas pukulan buat Leclerc karena dikalahkan Sainz yang notabene anak baru di Ferrari. Posisinya sebagai pembalap nomor satu Ferrari elas terancam  karena secara keseluruhan Sainz tampil lebih bagus musim ini. 

Tahun pertama di Ferrari dilalui Sainz dengan 4 kali naik podium. Sementara Leclerc hanya sekali.

Dengan kasus Leclerc kini ada 3 orang anggota tim F1 yang masih dalam karantina karena terpapar Covid-19.

Jelang race GP Abu Dhabi, pembalap tim Haas Nikita Mazepin juga dinyatakan positif sehingga gagal ikut balapan.

Beberapa hari sebelumnya, Team Principal Williams Jost Capito juga gagal berangkat ke Abu Dhabi karena gagal tes tes Covid-19 jelang keberangkatan dari Inggris. (rnp)

TERKINI
GIIAS 2024: Dorongan Konsisten untuk Industri Kendaraan Bermotor Indonesia Bocor, Motor Listrik TVS iQube Terbaru Akan Rilis Dengan Harga Rp 50 Jutaan, Berikut Spesifikasi Lengkapnya! Riding Clan of Classy, Ekspresikan Anak Muda Pengguna Yamaha Fazzio Hybrid di Surakarta Tekiro Adakan Servis Gratis di Kampus ITS Surabaya, Incar Terpelajar