Lima Faktor Yang Membuat Mobil Brebet, Tenang Ini Solusinya!

Sabtu, 18/12/2021 05:08 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Mobil yang ngadat saat dikendarai akan sangat mengganggu. Apalagi hal itu terjadi di tengah kemacetan akan membuat pengemudiny panik tak karuan. Hal ini kerap terjadi pada pengguna mobil

Mesipun demikian, banyak pengguna mobil yang belum paham apa yang menjadi faktor penyebab mobil ngadat dan brebet saat digunakan. Berikut 5 faktor penyebabnya yang diungkap dari berbagai sumber.

1. Busi Kotor

Busi biasa dihubungkan dengan masalah mobil brebet dan ngadat. Busi yang kotor memmbuat percikan apinya tidak maksimal. Hal ini bisa jadi, karena pemakaian busi yang tidak sesuai standar atau spesifikasi mobil. Bila hal ini terjadi Anda harus bersihkan busi atau menggantinya.

2.Filter Bahan Bakar Bermasalah

Filter bahan bakar sebagai penyaring kotoran, rentan dengan sumbatan kotoran yang akan membuat kinerja mesin terganggu, Ini juga mengambil pera membuat mobil brebet. Ketika filter tersumbat, praktis mengganggu suplai bahan bakar. Akibatnya mesin jadi tesendat. Selalu periksa filter ini.

3. Mesin Overheat

Mesin yang mengalami overheat biasa dimulai dengan kegagalan kinerja radiator. Mobil yang mengalami overheat perlahan akan mulai brebet. Dalam kondisi parah, mobil akan macet total. Itu sebabnya, pengecekan air radiator sebelum perjalanan sangat penting untuk menghidari masalah tersebut

4. Kerusakan Sensor

Mobil-mobil modern, saat ini dilengkapi dengan teknologi canggih yang mengandalkan sensor untuk injeksi bahan bakar dan seterusnya. Fungsi sendor pada mobil adalah memberikan sinyal ke ECU (engine control unit) sebagai otak dari mobil.

Sistem sensor pada mobil sangat penting karena itu ia harus berfungsi optimal. Jika salah satu sendor mengalami masalah, maka akan mengganggu kinerja mobil sehingga mesin menjadi brebet.

5. Bahan Bakar yang Tidak Sesuai

Pemakaian bahan bakar yang tidak sesuai dengan spesifikasi mobil, akan mengganggu kinerja mesin, yang terkait dengan menurunnya performa mobil. Sebagai contoh ada mobil yang hanya butuh bahan bakar dengan oktan oktan 88 atau oktan 90

Jika bahan bakar yang dipakai tidak sesuai dan itu berlangsung terus menerus, lama kelamaan mobil akan mengalami gangguan dan brebetan saat digas. Pemilihan bahan bakar harus disesuaikan.(elk)

TERKINI
Semok, Layanan Servis Motor Keliling Melayani Lebih dari 1.000 Konsumen Motor Honda Selama Januari-April 2024. Wuling EV Jadi Official Car Partner Dalam 10th World Water Forum 2024 di Bali Human Error Masih Jadi Penyebab Utama Kecelakaan Sepeda Motor di Indonesia, Suzuki Beri Tips Praktis Rem Motor untuk Hindari Bahaya Kymco Like ABS 150i: Skutik Vintage yang Memukau dengan Sentuhan Modern