TRABAZ Gandeng Rescue IMI DKI, PMI dan Kopassus Gelar Donor Darah di Ksatrian Cijantung

Minggu, 19/12/2021 14:38 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Komunitas TRABAZ (Trailblazer Colorado Indonesia) bersama dengan KOPASSUS, IMI (Ikatan Motor Indonesia) DKI Jakarta, Rescue IMI DKI Jakarta dan PMI (Palang Merah Indonesia) melaksanakan bakti sosial donor darah pada Sabtu (18/12/2021) di Gedung Lapangan tembak Ksatrian, Cijantung, Jakarta Timur.

Acara bakti sosial donor darah ini dengan tema Setetes Darah Berharga Untuk Sesama.

Waaster KOPASSUS Letkol Irfan Amir yang menghadiri langsung kegiatan bakti sosial donor darah menyampaikan apresiasi kepada para pihak yang telah bekerjasama mensukseskan kegiatan ini.

“Saya ucapkan terima kasih. Mudah-mudahan ketulusan niat dari para pendonor dengan ikhlas menyumbangkan darahnya akan mendapatkan berkah dan pahala dari Allah SWT. Perlu diingat dengan menyumbangkan darah berarti kita telah menyelamatkan nyawa orang lain yang membutuhkan. Setetes darah yang kita sumbangkan akan sangat berarti bagi keselamatan jiwa,” ungkap Letkol Irfan Amir.

Ditambahkan, donor darah merupakan kegiatan sosial yang bisa dirasakan langsung oleh masyarakat tanpa terkecuali bagi pendonor darahnya.

Sekaligus juga dapat membantu pemerintah dalam hal ini PMI yang bertanggung jawab terhadap ketersediaan darah bagi masyarakat.

"Teruslah berbuat baik, sebab setetas darah pun dapat menyelamatkan jiwa sesama kita," terang Letkol Irfan Amir.

Sementara, Sekretaris Umum IMI DKI Jakarta Dodi Irawan menyampaikan klub otomotif yang tergabung Ikatan Motor Indonesia selalu bersinergi dalam pelaksanaan kegiatan sosial kemasyarakatan seperti donor darah yang saat ini diinisiasi oleh Trabaz.

"Mudah-mudahan dari kegiatan ini dapat terkumpul setidaknya 300 kantong darah dipersembahkan komunitas otomotif kepada PMI DKI Jakarta," harap Dodi Irawan.

Ivan Gustian, Ketua Rescue IMI DKI Jakarta menambahhkan, kegiatan donor darah merupakan bentuk kepedulian sosial dan peningkatan imunitas bagi masyarakat meskipun di tengah pandemi yang masih berlangsung.

“Selain membantu saudara-saudara kita yang sakit dan memerlukan darah, juga menyehatkan bagi yang bersangkutan. Tujuan kita menggelar kegiatan ini semata-mata untuk menjaga kesehatan dan lebih peduli terhadap kondisi tubuh," ujar Ivan Gustian.

Sambutan juga diberikan dari pihak TRABAZ disampaikan Ketua Panitia, Rudy Pras menyampaikan pihaknya mengapresiasi antusiasme komunitas klub KR2 dan KR4 yang secara bersama sama masyarakat terdorong untuk mendonorkan darahnya.

“Komunitas bukan hanya sebagai wadah pecinta jenis kendaran tertentu untuk nongkrong atau berkumpul saja, tetapi juga harus berguna bagi sesama manusia dengan salah satu contohnya  bakti sosial dan donor darah. Di mana bakti sosial merupakan kegiatan yang selalu dilakukan TRABAZ setiap kali melaksanakan kegiatan touring ke berbagai tempat di Indonesia," beber Rudy Pras.

Menurut Dr Bono S mewakili Unit Donor Darah PMI DKI Jakarta, sebelum dilakukan pengambilan darah untuk donor, peserta terlebih dahulu harus mengikuti proses screening.

Selain harus mengisi form yang sudah disiapkan panitia, pada tahapan itu, petugas medis menanyakan sejumlah kriteria pengambilan donor darah seperti menanyakan tensi darah dan syarat-syarat lainnya.

"Pada kesempatan ini, kami juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat khususnya kepada Trabaz, IMI DKI Jakarta, KOPASSUS, Rescue IMI DKI Jakarta yang menginisiasi kegiatan donor darah ini," tutur dr Bono.

Dalam kegiatan kali ini juga dilaksanakan bakti sosial dengan memberikan bantuan paket sembako kepada keluarga korban perang, korban Covid-19 yang diwakilkan anak yatim serta akan disalurkan oleh Kopassus

Kegiatan ini didukung Yayasan Persaudaraan Bhakti Nusantara (YPBN), GM Indonesia, Chevrolet, AC Delco, Gerak BS, Kimia Farma Futino, GoodMood, Tolak Linu, PT. JK Jaya Kemilau, PT. Megah Utama Putra Plastic & Spunbond Bag Manufacture, RBM Goat Milk, BAR ( Bengkel Auto Raya), PAXI Barbershop, Bony AC WTC Mangga 2, Rumah Sakit Yarsi serta teman-teman komunitas dari Kafein.

Lalu, FK30 Banten, Terios Indonesia, Rusteri Batavia, PIF (Pajero Indonesia Family), Silverians, HAE (Honda Accord Executive), Combat, Wuling Club serta Komunitas Captiva Indonesia (KCI) mendapat apresiasi dari Komando Pasukan Khusus (Kopassus). 

TRABAZ memang top dah. (wan)

TERKINI
Sukses Gelar Porsche Sprint Challenge Indonesia, Bagoes Hermanto Terima Penghargaan Porsche Motorsport Night of Champions Suzuki Address 125 2024: Skutik Matic Modern Bernuansa Klasik Yang Tampil Elegan Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo GT Radial Dukung Daihatsu Kumpul Sahabat Bekasi di Harapan Indah Bekasi Esok