Cabut Dari MotoGP, Danilo Petrucci Langsung Jadi Korban Ganasnya Rally Dakar

Jum'at, 24/12/2021 00:18 WIB

mobilinanews (Arab Saudi) - Pensiun dari MotoGP di akhir musim 2021, Danilo Petrucci dengan penuh semangat bersiap ikut reli marathon Rally Dakar 2022 di gurun pasir Arab Saudi pada Januari depan.  Ia gabung dalam tim elit pabrikan KTM.

Mantan rider tim Ducati dan KTM Tech3 di MotoGP itu turut berlatih pekan ini di pegunungan pasir Arab Saudi. Sayang, latihannya tak tuntas lantaran pada Kamis (23/12) ini ia harus pulang ke Italia. Pulang dalam kondisi retak tulang pada pergelangan kaki kanannya.

Sebagai pemula di Rally Dakar sebenarnya Petrucci belum telalu gaspol di padang pasir itu. Ia baru dalam tahap adaptasi dari trek aspal ke jalur offroad, dari seri balap MotoGP yang hanya setengah jam ke reli marathon yang panjang berhari-hari.

"Saya berkendara dia atas bukit pasir, perlahan. Ada tonjolan di permukaan pasir, terjadi benturan, dan motor jatuh keras ke dalam lubang yang lumayan dalam. Kaki kanan cidera," cerita Petrucci.

Meski cidera dan persiapannya terganggu, Petrucci bertekad menyembuhkan kakinya dalam pekan ini juga dengan terapi di Italia. Semangatnya tak kendur untuk lakukan debut di Rally Dakar.

"Tulang yang retak ini tak akan menggangu partisipasi saya di Dakar. Memang tak bisa joging atau lari, tapi saya bisa lanjutkan latihan fisik di rumah dengan sepeda statis," katanya.

Rally Dakar 2022 berlangsung 2 hingga 14 Januari 2022. Menempuh jarak 7,000-an km dari Ha`il, Riyadh dan finish di Jeddah dimana separoh dari rute ini masuk katagari special stage dalam arti pol-polan membukukan waktu tercepat.

Tim pabrikan KTM digawangi oleh trio petarung yang sudah punya [engalaman panjang dan kemenangan di Dakar macam Matthias Walkner, Toby Prica dan Kevin Benavides.

Petrucci jadi rider ke-4 dan lebih sebagai pelengkap untuk partisipasi tahun ini. Semuanya dibekali KTM 450 RALLY yang telah dipersiapkan selama 2 tahun.

Namun, bagi Petrucci ada hikmah dari cidera kakinya dan harus istirahat di rumah. Ia bisa lebih leluasa mempelajari buku rute yang tak pernah ia dapat di MotoGP,  juga mendalami sistem navigasi yang akan jadi salah satu kunci sukses di padang pasir luas yang seakan tak bertepi. (rnp)

 

 

 

TERKINI
F1 2024: Ini Sinyal Tim Yang Akan Menampung Adrian Newey, Bukan Ferrari atau Mercedes Benny Santoso Raih Trofi Juara Pertama TCR Asia Series 2024, Piala Pertama Balapan International Hyundai dan Grab Salurkan Alat Batu Gerak dan Kursi Roda Kepada Penyandang Disabilitas Wuling Ajak Komunitas Rasakan Sensasi dan Kenyamanan Berkendara Cloud EV