WRC 2022 : Sebastien Ogier Pergi, Sebastien Loeb Kembali

Rabu, 29/12/2021 23:29 WIB

mobilinanews (Prancis) - Sebastien Ogier mundur dari ajang World Rally Championship (WRC) setelah meraih gelar kali ke-8 di akhir musim 2021. Koleganya sesama Prancis peraih 9 gelar WRC, Sebastien Loeb, justru come back ke ajang kejuaraan dunia reli tersebut.

Loeb yang mengundurkan diri dari WRC di akhir musim 2012 memutuskan kembali ke WRC 2022 dengan penampilan perdana di seri pembuka WRC 2022, Rally Monte Carlo di Monaco pada 21-24 Januari 2022. Ia akan mencicipi era WRC dengan regulasi baru mesin hybrid Rally1 bersama tim M-Sport Ford Puma. 

Legenda reli dunia itu sementara ini hanya punya agenda sekali tampil di atas Puma, tapi tak tertutup kemungkinan tampil di seri lainnya sepanjang ia mau karena M-Sport tetap menyediakan slot untuknya.

Setidaknya kehadiran Loeb bisa menjadi mentor para pereli M-Sport Ford macam Craig Breen yang baru saja direkrut dari tim Hyundai.

Sejak mundur dari kompetisi regular WRC, Loeb memang tak sepenuhnya mundur dari reli mobil. Ia masih ikut pada seri tertentu hanya untuk mencari kesenangan. Kali terakhir ia tampil di seri WRC adalah Rally Turki 2020 dengan hasil finish P3.

Tahun ini, 2021, ia ikut Rally Dakar di Arab Saudi. Ia juga ikut ajang reli offroad baru, Extreme E dengan membela tim X44 milik pembalap F1 Lewis Hamilton. 

Meski begitu Loeb mengakui dirinya selalu bergairah lebih saat kembali ke WRC. Tak hanya untuk bernostalgia dengan karir panjangnya yang menghasilkan 9 gelar juara dunia, tapi lebih kepada kepuasan batin.

"Saya selalu suka mengendarai mobil. Tapi ketika tampil di WRC, itu adalah momen yang sangat saya nikmati, dengan perasaan luar biasa," kata Loeb seperti dikutip dari laman resmi wrc.com.

Atas dasar itu Loeb tak merasa ada kendala persiapan meski jadwal Monte Carlo hanya berselisih 1 minggu dengan akhir Rally Dakar 2022 di Arab Saudi. Reli gila-gilaan itu berlangsung 1 hingga 14 Januari 2022, sedangkan reli Monte Carlo berlangsung satu minggu kemudian.

"Usai Dakar langsung ke Monte Carlo, tampaknya memang brutal," kata pereli yang kini berumur 47 tahun itu.

Sayangnya, dalam penampilan come back-nya ke ajang WRC, Loeb tak lagi dinavigatori Daniel Elena yang jadi pendamping setianya dalam kurun waktu 20 tahun.

Elena yang sudah total pensiun akan digantikan Isabelle Galmiche yang selama ini menjadi salah satu kru safety dalam tim Loeb sekaligus navigator cadangan jika Elena berhalangan.

Tentu saja kehadiran Loeb bersama M-Sport Ford menarik perhatian sekaligus tantangan buat para punggawa tim pabrikan Toyota dan Hyundai di seri Monte Carlo. (rnp)

 

 

 

 

 

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag