Dakar 2022: Kereeen! Empat Pabrikan Berbeda Langsung Gaspol di Papan Atas!

Minggu, 02/01/2022 01:01 WIB

mobilinanews (Arab Saudi) - Daniel Sanders  jadi pereli motor paling bahagia di sesi pembuka Rally Dakar 2022 di Arab Saudi, Sabtu (1/1/ 2022). Pereli Australia itu tercepat di hari pertama, sekaligus meraih kemenangan pertamanya di sebuah special stage Rally Dakar. 

Para kru pendukung Sanders juga berbahagia dan meluapkan kegembiraan begitu etape awal berakhir. Pasalnya, Gas Gas besutan Sanders juga baru kali ini tampil sebagai pemenang sebuah tahapan di Dakar. Pabrikan Spanyol yang berafiliasi dengan KTM itu pun mulai mencetak sejarah di Rally Dakar.

Di sesi pembuka ini, 4 pabrikan berbeda berada di 4 Besar klasemen sementara. Setelah Sanders di posisi puncak, berturut-turut di P2 hingga 4 ditempati Pablo Quintanilla (Honda), Ross Branch (Yamaha) dan Kevin Benavides (KTM). 

Para pelanggan juara di Dakar, Matthias Walkner (KTM), Toby Price (KTM0 dan Joan Barreda (Honda) untuk sementara berada di urutan 5, 8 dan 10. Edisi kali ini terdapat 144 pemotor yang berkompetisi menembus lautan dan gunung pasir di Arab Saudi.

Sukses perdana ini disambut Sanders dengan penuh sukacita sebagai hadiah Tahun Baru 2022. Kunci suksesnya ia sebut terletak pada setingan motor para mekaniknya yang di luar dugaan.

"Motor sangat keren. Mereka mengaturnya dengan fantastis, sangat nyaman dikendalikan," katanya.

Tapi, ia tak ingin larut dalam kegembiraan berkepanjangan. Tak lain karena sesi pembuka berlangsung dalam jarak pendek yang tak butuh pertolongan navigasi.

"Itu membuat saya bisa fokus pada kecepatan. Mulai besok kami harus gunakan aplikasi navigasi dengan sejumlah tantangannya. Tapi, apapun itu, kini saya sangat senang meraih kemenangan special stage pertama saya di Dakar," ungkapnya.

Sebagai pemenang di sesi awal, Sanders berhak memilih posisi startnya untuk sesi lanjutan pada Minggu (2/1/2022). Ada indikasi ia akan memilih P10 hingga P15 itu, bisa jadi terkait dengan faktor navigasi tadi.

Dengan posisi start seperti itu paling tidak ia sudah punya petunjuk jejak dari pereli awal agar tak tersesat di lautan pasir tak bertepi. (rnp)

 

TERKINI
WRC 2024 Portugal: Toyota Gazoo Racing Mainkan Duet Sebastien Ogier dan Kalle Rovanpera, Hyundai Munculkan Sordo Belkote Dukung Penuh JDM Funday 2024 di Sirkuit Mandalika Lombok, Disambut Animo Tinggi Sportcar Jepang PEVS 2024: NETA Auto Indonesia Catat Prestasi Gemilang Cetak 108 SPK, Ini Fitur Unggulannya Wuling Cloud EV Raih Penghargaan The Most Tested Car di PEVS 2024, Segini Pesanan yang Diperoleh