Rally Dakar 2022: Nasser Al Attiyah Perkuat Posisi Toyota, Stephane Peterhansel dan Carlos Sainz Terpuruk

Minggu, 02/01/2022 22:10 WIB

mobilinanews (Arab Saudi) - Sukses di Stage 1A di hari pembuka, pereli Qatar Nasser Al Attiyah perkuat posisi teratas Rally Dakar 2022 di Arab Saudi. Ia juga unggul di Stage 1B berjarak tempuh 514 km pada Minggu (2/1/2022).

Menggeber Toyota GR DKR Hilux T1, unggulan tim Toyota Gazoo Racing ini kini dapat lawan baru setelah dua veteran Dakar tertinggal jauh. Mereka adalah para pelanggan juara Dakar, Stephane Peterhansel dan Carlso Sainz yang pada edisi tahun ini membesut mobil listrik Audi Q-tron.

Peterhansel yang hingga kilometer 120 menempel di belakang Attiyah memang harus gaspol hari ini karena kemarin berada di posisi 14.

Pemegang 15 gelar juara Dakar itu lantas menubruk gundukan batu yang tertutup pasir dengan keras. As roda belakang mobilnya patah. Dua jam menunggu datangnya pertolongan plus perbaikan lebih dari satu jam membuat driver Prancis itu finish di urutan 46.

Rekan setimnya, Sainz, juga terpuruk karena kasus berbeda. Ia tersesat di padang pasir  dan kehilangan waktu beberapa menit. Padahal, kemarin pereli veteran Spanyol itu bergairah untuk bersaing di level atas karena finish P2 di belakang Al Attiyah. Hari ini ia finish P45, tak jauh dari Peterhansel.

Al Attiyah sendiri mengaku sempat tersasar juga. Untungnya belum terlalu jauh karena keburu dikoreksi oleh navigatornya.

"Ia perintahkan putar balik dan belok kiri. Tak lama kami menemukan rute sebenarnya dan menyadari kami berada di depan Seb (Sebastien Loeb). Hasil hari ini bagus, tapi bukan waktunya untuk balapan secara konservatif. Besok (Senin 3/1) menanti tantangan marathon di Stage2," kata Al Attiyah yang finish Stage 1B dengan keunggulan 12,07 detik atas Sebastien Loeb (Prodrive).

Kini Al Attiyah memimpin kejuaraan umum sementara dengan keunggulan 2 menit 15 detik atas pereli ketiga tim Audi, Matthius Ekstrom, yang dalam skenario tim baru ini adalah pereli pelapis Peterhansel dan Sainz.

Sainz sendiri terpuruk ke urutan 4 kejuaraan umum, di bawah Yazeed Al Rajhi (Overdrive Toyota) di peringkat ketiga. Sainz kini tertinggal 6 menit 35 detik dari Al Attiyah. 

Loeb yang runner up hari ini berada di urutan 14 kejuaraan sementara. Pemegang rekor 9 gelar juara WRC ini mengakui keandalan Attiyah di gurun pasir.

"Itu sangat terlihat saaat saya berada di belkangnya," katanya. (rnp)

 

 

 

 

TERKINI
PEVS 2024: NETA Auto Indonesia Catat Prestasi Gemilang dengan Penjualan 108 SPK, Ini Keunggulan yang Ditawarkan Wuling Cloud EV Raih Penghargaan The Most Tested Car di PEVS 2024, Segini Pesanan yang Diperoleh WahanaArtha Ritelindo Rayakan Hardiknas dengan Program dan Promo Spesial GIIAS 2024: Dorongan Konsisten untuk Industri Kendaraan Bermotor Indonesia