Rally Dakar 2022: Honda Mulai Petik Kemenangan, Daniel Sanders Tersesat di Hari ke-3

Selasa, 04/01/2022 03:08 WIB

mobilinanews (Arab Saudi) - Apes. Itulah yang dialami Daniel Sanders di hari ketiga Rally Dakar 2022, Senin (3/1/2022). Pereli tim pabrikan Gas Gas itu gagal melanjutkan kemenangan setelah sempat menang mengejutkan di dua stage awal.

Dua musibah dialami pereli aal Australia itu. Saluran bahan bakar motornya macet pada kilometer ke-200 dari total jarak stage sepanjang 338 km.

Setekah masalah bahan bakar teratasi, tak lama kemudian motornya tersesat ke sebuah lembah. Membuatnya sempat bingung membaca navigasi untuk balik arah. 

Kedua peristiwa apes itu membuatnya kehilangan waktu 26 menit dan mencapai finish Stage2 di urutan 23. Lima besar finisher di stage ini dihuni nama-nama tenar di Rally Dakar macam Joan Barreda (Honda), Sam Sunderland (Gas Gas), Kevin Benavides (KTM), Skyler Howes (Husqyvarna), dan Toby Price (KTM).

Komposisi itu memunculkan perubahan posisi di kejuaraan umum sementara. Sanders yang tadinya kokoh di pucuk pimpinan kini melorot ke urutan ketiga dengan gap 3 menit 29 detik dari pemimpin baru yang tak lain adalah Sunderland, rekan setimnya di tim pabrikan Gas Gas

Finish runner up di Stage2 membuat Sunderland mengambil alih kepemimpinan di kejuaraan umum dengan total waktu 8 jam 31 menit 29 detik. Ia unggul 2 menit 21 detik atas pereli Belanda Adrien van Beveren (tim pabrikan Yamaha) di urutan kedua. 

Barreda yang memetik kemenangan perdana Honda di Dakar 2022 berada di urutan 10 Besar kejuaraan sementara. 

"Saya mengawali lomba dengan baik hingga musibah macetnya bahanbakar itu. Situasinya benar-benar gila," cerita Sanders usai mencapai garis finish.

Dan, semakin gila bagi dirinya saat tersesat ke sebuah lembah berpasir dan berada sendirian di sana.

"Ini baru hari ketiga lomba. Semoga besok saya bisa memulihkan waktu dan kembali ke posisi atas. Hari ini luar biasa dan  membawa banyak pelajaran penting. Kita lihat apa yang bisa dilakukan pada tahapan berikutnya," kata Sanders.

Stage3 pada Selasa (4 Januari 2022) berlangsung dalam total jarak tempuh 636 km, dan 225 km diantaranya menjadi special stage.

Seperti sebelumnya, rute ini mensyaratkan pengetahuan navigasi yang bagus agar tak kehilangan waktu karena melenceng dari rute sesungguhnya. (rnp)

TERKINI
GWM dan Spirit Global di Ajang Beijing International Automotive Exhibition PT BYD Motor Indonesia Tanda Tangani Kerja Sama Pembelian Lahan dengan PT Suryacipta Swadaya untuk Pengembangan Industri EV BYD Ingin Tampil Beda, Ini Referensi Modifikasi Wuling Air EV dari Tomi Airbrush 3.000 Lebih Konsumen Motor Honda Memilih Jadi Member Honda VIP Card Platinum Plus