Rally Dakar 2022: Pabrikan India Bikin Sejarah, Yamaha Mulai Ancam Gas Gas di Papan Atas

Rabu, 05/01/2022 00:38 WIB

mobilinanews (Arab Saudi) - Tak seperti kelas mobil, pertarungan di kelas motor Rally Dakar 2022 di Arab Saudi lebih sulit diprediksi. Para pemenang stage dalam 4 hari awal jadi buktinya. 

Pada Stage3 hari ini, Selasa (4/1/ 2022) misalnya, sama sekali tak terduga kalau pemotor asal Portugal, Joaqim Rodrigues jadi pembalap tercepat.

Rider tim Hero Motorsport ini mengalahkan Toby Price (Australia) di atas KTM dengan status sebagai salah satu favorit di setiap edisi Rally Dakar dalam beberapa tahun terakhir. Price finish di urutan kedua dengan gap 1 menit 03 detik dari Rodrigues.

Mason Klein (BAS Dakar KTM Rally Team), Skyler Howes (tim pabrikan Husqyvarna) dan Daniel Sanders (pabrikan Gas Gas yang tercepat di dua hari pertama) menempati posisi 5 Besar di Stage3.

Sayangnya, posisi Sanders yang tadinya dua hari memimpin kejuaraan umum sementara kini melorot ke urutan 5 sedangkan posisi Howes naik ke peringkat 4

Tiga teratas kejuaraan umum masih ditempati Sam Sunderland (Inggris/Gas Gas), Adrien Van Beveren (Belanda/Yamaha) dan Matthias Walkner (Austria/KTM).

Ini adalah kemenangan stage kali pertama Rodrigues dan motor Hero sejak debutnya di musim 2017. Seperti sebelumnya dengan Sanders, ini adalah sejarah bagi Rodrigues dan Hero yang merupakan pabrikan asal India itu.

Menurut Rodrigues, penampilannya hari ini sangat tertolong oleh navigasi yang begitu lancar. Selain itu, performa motornya juga bagus dan tak ada sedikit pun masalah sejak garis start.

"Ini saya kira berkat Hero yang mengikuti banyak kejuaraan sepanjang 2021 lalu, kini kami memetik hasilnya. Tentu kami sangat bangga dengan hasil hari ini," katanya. 

Sukses ini membawa Rodrigues ke urutan 17 kejuaraan umum sementara. Posisi teratas masih ditempati Sam Sunderland (Gas Gas), dan ditempel ketat Van Beveren dengan selisih hanya 4 detik.

"Hari ini saya hanya fokus pada diri sendiri. Untuk menjaga performa pada stage berikutnya yang akan sangat panjang," ucap Sunderland yang memimpin kejuaraan namun belum pernah sekali pun memenangi tahapan di lomba kali ini.

Stage 4 dari Al Qaisumah menuju Riyadh pada Rabu (5 Januari 2022) akan menempuh jarak 707 km. Sepanjang 465 km di antaranya menjadi ajang balapan mencetak waktu tercepat. (rnp)

 

 

 

TERKINI
Motor Benelli Leoncino 250 Dijual Nyaris Seharga Motor 155 Cc, Harga Mulai Rp30 Jutaan! AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil! Volta Ikut Hadir Meriahkan PEVS 2024 Dengan Luncurkan Warna Baru Tipe Mandala, Brilliant White dan Yellow! ALVA Umumkan Kerjasama dengan Bank BPD Bali, Permudah Elektrifikasi di Linkungan ASN Pulau Dewata