Rally Dakar 2022: Hoki di Stage 4, Peluang Juara Nasser Al Attiyah Semakin Terbuka!

Rabu, 05/01/2022 21:40 WIB

mobilinanews (Saudi Arabia) - Hari ini pereli Qatar Nasser Al Attiyah punya pengalaman menarik seputar angka 4 yang pada ujungnya adalah keberuntungan.

Ia dapat hadiah kemenangan di Stage4, jadi kemenangan stage kali ke-44-nya di ajang Rally Dakar, dan menuju gelar ke-4 sebagai juara reli ganas tersebut.

Sebenarnya yang tercepat di Stage4 ini adalah pereli tuan rumah Arab Saudi, Yazeed Al Rajhi (Overdrive Toyota). Sayangnya, ia kena penalti dua menit akibat melebihi batas kecepatan di zona yang mengharuskan peserta membatasi kecepatan. Hukuman ini membuat Rajhi terlempar ke urutan 5.

Itu sekaligus menaikkan Al Attiyah (Qatar/Toyota Gazoo Racing) jadi peserta tercepat didampingi Sebastien Loeb (Prancis/BRX) sebagai runner up. Carlos Sainz (Spanyol/Audi) dan Yasir Seaidan (Saudi Arabia/Mini) berada di urutan 3 dan 4.

Komposisi ini menjadi daya tarik tersendiri karena baru kali ini "4 Besar" pemenang etape diraih 4 konstruktor berbeda dan oleh pereli dari 4 negara berbeda.

Bagi Al Attiyah, angka 4 itu semakin bermakna karena diraih sebagai hadiah di Stage4, menjadi kemenangan stage kali ke-44, pada edisi Rally Dakar ke-44, dan proses perjuangannya meraih gelar Dakar kali ke-4 setelah juara di edisi 2011, 2015 dan 2019.

Kini, Al Attiyah sang juara WRC 2 musim : 2014 dan 2015 serta 16 kali juara Reli Timur Tengah semakin tegar di pucuk kejuaraan sementara. Ia meninggalkan Loeb dengan gap 38 menit 5 detik dan Rajhi yang kini naik ke 3 Besar dengan selisih waktu 49 menit 15 detik. 

Namun ia sadar apa saja bisa terjadi di ajang reli Dakar yang medannya sulit diterka, terlebih oleh gundukan batu yang tersembunyi di bawah pasir.

Karena itu, ia tak ingin gegabah dengan membuka gas dalam-dalam pada saat-saat tertentu. Ia ngegas seberapa dalam bergantung pada perbedaan waktunya dengan Loeb yang dianggap Al Attiyah sebagai pesaing utama hingga finish pada 14 Januari mendatang.

"Besok tantangan lain akan terbentang karena kami harus start terdepan. Navigasi sangat vital karena tak ada jejak peserta motor yang bisa membantu, sementara di belakang ada Seb yang mengikuti," ucap Al Attiyah mengomentari Stage5 menempuh jarak 560 km, dengan 404 km diantaranya jadi special stage.

Seperti di stage sebelumnya, Loeb merasa akan punya keuntungan tersendiri melakoni start di belakang rivalnya. Ini kesempatan untuk merenggangkan jarak waktu di kejuaraan umum.

"Saya harap bisa mengembangkan kecepatan maksimal sembari juga berharap tidak menubruk batu," kata Loeb, peraih rekor 9 gelar juara WRC. (rnp)

 

 

TERKINI
Honda Resmikan Layanan Bodi dan Cat Baru di Mitra Lenteng Agung Depok Jawa Barat, Perluas Layanan Purnajual Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya Mendukung Pelari Perempuan Berprestasi, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Begini Cara "Kartini Zaman Now" Belajar Mengendarai Motor yang Aman Bersama Honda