Rally Dakar 2022: Kejutan 2 Rider Gas Gas di Tiga Besar, Para Pembalap Unggulan Siap Kejar di Minggu Ke-2

Sabtu, 08/01/2022 00:38 WIB

mobilinanews (Arab Saudi) - Pabrikan Gas Gas sepertinya tak bisa lagi dianggap anak bawang di reli ganas Rally Dakar. Buktinya di Stage6 pada Jumat, 7 Januari 2022, dua rider mereka finish 1-2. Lagi-lagi mengalahkan para rider favorit dari tim Honda, KTM dan Yamaha.

Pada Stage6 ini, seharusnya peserta motor menempuh jarak total 620 km. Namun, terjadi pemotongan rute yang signifikan karena beberapa bagian trek sudah terlalu rusak untuk dilalui sepeda motor. Pasalnya, rute tersebut pada Stage5 kemarin digunakan peserta di kelas mobil dan truk.

"Itu keputusan yang tepat demi keselamatan peserta. Situasi lintasan terlampau berbahaya," kata Kevin Benavides (Argentina/KTM), juara dunia Dakar 2021 yang di stage ini finish di urutan 8 tercepat.

Pereli tercepat diraih Daniel Sanders (Australia/Gas Gas) yang meraih tiga kemenangan stage beruntun pada musim ini. Posisi kedua dicetak rekan satu timnya, Sam Sunderland (Inggris) yang sejauh ini belum memenangi special stage tetapi konsisten finish 15 Besar.

Hasil itu membuat Gas Gas yang tak punya tradisi juara di Dakar kini menempatkan dua perelinya di zona 3 Besar hasil kejuaraan sementara. Sunderland masih tetap teratas, dikuntit pereli pabrikan KTM Matthias Walkner di urutan 2 dengan gap 2 menit 39 detik, sementara jarak dari Walkner ke Sanders 3 menitan.

Sabtu (8 Januari 2022) jadi hari istirahat peserta Dakar Rally 2022. Kesempatan buat semua peserta mengisi ulang enerjinya untuk menuntaskan sisa balapan hingga finish pada 14 Januari mendatang.

"Sepertinya reli ini baru benar-benar dimulai pada minggu kedua. Saya optimistis. Minggu pertama saya lalui tanpa masalah berat, dan tak pernah jatuh. Kini kami berada di posisi baik untuk menantang berebut gelar," kata Walkner, juara Dakar 2018.

Hal sama ditegaskan rekan setimnya di pabrikan KTM, Benavides. Juara bertahan yang sukses mendapauk gelar di musim 2021 itu sependapat dengan Walkner bahwa minggu kedua adalah kesempatan yang harus mereka maksimalkan.

"Saya tak senang dengan penampilan di beberapa ahri pertama. Setelah istirhat kami akan melihat lagi segala sesuatuny ke depan, namun saya pikir pekan kedua bisa kami jalani lebih baik lagi," kata Benavides yang sementara ini berada di urutan 8 kejuaraan umum dengan gap 24 menit dari pembalap peringkat satu. (rnp)

 

 

 

 

 

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag