F1 2022: Launching 18 Februari, Mercedes Masih Rahasiakan 2 Hal Ini

Rabu, 19/01/2022 00:03 WIB

mobilinanews (Inggris) - W13, besutan tim Mercedes di musim kompetisi 2022 akan resmi diperkenalkan ke khalayak pada 18 Februari 2022. Penampilannya sudah pasti banyak berbeda dibandingkan pendahulunya, W12, terkait regulasi baru F1 mulai tahun ini.

Tentu banyak yang penasaran akan seperti apa tampilan W13 dengan velg baru berukuran 18 inchi yang mulai berlaku tahun 2022.

Tapi, yang paling bikin penasaran adalah dua hal yang sepertinya sengaja dirahasiakan Mercedes.

Pertama soal Lewis Hamilton yang sudah lebih sebulan ngambek dan berdiam diri usai kegagalan meraih gelar 2021 secara kontroversial di GP Abu Dhabi tahun lalu.

Yang kedua, soal livery tim pabrikan Jerman itu. Apakah bertahan dengan hitam pekat seperti dua musim terakhir, atau kembali ke corak asli berkelir perak.

Soal Hamilton, semakin banyak yang yakin juara dunia 7 kali itu urung pensiun sebagaimana dikhawatirkan bos Mercedes Toto Wolff.

Dua hari lalu lewat twitter resmi tim Mercedes, muncul foto Hamilton saat masuk kokpit mobil besutannya dengan teks foto seputar persiapan akhir W13 di pabrik. Mayoritas komentar yang muncul menyebut itu semacam sinyal kalau Hamilton masih akan berada di grid starting 2022.

Hari ini, sadar atau tidak, muncul pernyataan George Russell seputar W13 dengan kesan seolah ia telah mempersiapkan diri bersama Hamilton ke musim kompetisi tahun ini.

Kalimat Russell ini pun ditanggapi sebagai pertanda kalau sebenarnya Hamilton sudah bersiap diri untuk balapan lagi. 

Sebagai pembalap baru di Mercedes mulai tahun ini, Russell menegaskan, mereka haruslah bersama-sama mengembangkan W13. Terlebih karena driver seniornya itulah yang jauh lebih paham soal mobil ini ketimbang dirinya.

"Kami akan masuk ke musim 2022 dan saling membantu dari satu balapan ke balapan lainnya. Kami akan berkembang pesat. Alasannya cuma satu, karena ia adalah pembalap terhebat sepanjang masa," kata eks pembalap tim Williams itu lewat podcast F1 Nation seperti dikutip formula1news.com.

Diamnya Hamilton saat ini dan di sisi lain juga tak ada penjelasan dari Mercedes, mengingatkan fans F1 ke awal musim 2021 di mana juga terjadi drama panjang soal kontrak baru Hamilton dengan Mercedes.

Habis kontrak di akhir musim 2020, isu pembaruan menjadi bertele-tele dan baru kemudian jelas pada Febaruari 2021 jelang team launching. Pola itu tampaknya terulang tahun ini. Terlebih karena Hamilton sendiri tak pernah sebut kata pensiun meski disebutkan masih terluka keputusan FIA Race Director Michael Masi di Abu Dhabi.

Eks pembalap F1 Martin Brundle salah satu yang paling vokal menyebut ketidakmungkinan Hamilton pensiun tahun ini.

Ia menuding semua ini hanyalah `setingan` Wolff yang salah satu tujuannya menekan sekaligus melobi pengurus baru FIA untuk kepentingan timnya semata.

Tak ada yang tahu apakah Wolff atau Brundle yang benar soal kondisi Hamilton jelang 2022. Sepertinya itu masih akan tetap jadi rahasia Mercedes dan Hamilton hingga 18 Februari mendatang.

Sama dengan livery yang akan diusung W13, mungkin hanya akan diketahui saat selubung mobil dibuka. (rnp)

 

 

 

 

TERKINI