Inovasi Mopar, Pengecasan Mobil Listrik Bisa Dilakukan di Dinding Rumah

Kamis, 20/01/2022 02:28 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Seiring transisi industri otomotif ke elektrifikasi, ada banyak kebutuhan akan infrastruktur pengisian daya yang dibutuhkan untuk percapatan elektrifikasi di berbagai negara,

Terkait dengan itu, Mopar baru saja mengumumkan bahwa mereka telah mengembangkan pengisi daya dinding yang dikembangkan di perumahan. Itu berarti pemilik Chrysler Pacifica Hybrid dan Jeep Wrangler 4xe sekarang memiliki cara untuk mengisi ulang lebih cepat daripada sebelumnya.

Tahun lalu, Jeep mengumumkan bahwa mereka sedang mengerjakan stasiun pengisian off-road untuk Wrangler 4xe baru, sehingga memberikan kemudahan akses pengecasan kendaraan mereka langsugn di rumah tanpa harus ke tempat stasiun pengecasan umum.

Pengisi daya dinding rumah, yang dikembangkan Mopar bersama Chrysler tersedia dengan level 2 yang memiliki 240 volt, dan tersedia dalam dua konfigurasi berbeda baik kabel maupun plug-in. Artinya pengguna mobil listrik tinggal cuma membeli colokan dengan stop kontak.

Melansir Carscoops, kedua versi pengecasan dinding rumah yang dikembangkan dapat memasok daya hingga 32 amp/7.7kW yang cukup untuk melengkapi Wrangler 4xe, Cherokee 4xe, dan Chrysler Pacifica Hybrid hanya dalam waktu dua jam.

Dengan voltase yang besar dan teknologi canggih, pengecasan ini diklaim enam kali lebih cepat daripada pengisi daya Level 1. Untuk pemilik Jeep yang yang ingin menempuh jarak 34 km, dapat melakukan pengecasan lebih cepat

Sejauh ini Mopar telah bekerjasama dengan beberapa dealer yang menawarkan model pengecasan ini, dengan harga serendah $569. Pengisi daya juga berkemampuan WiFi sehingga pemilik dapat mengawasi status pengisian daya dari jarak jauh dan bahkan memulai dan menghentikan pengisian daya dari mana saja dengan koneksi data.

Pengisi daya juga dapat dioptimalkan dengan jaringan pintar yang berarti dapat mengurangi biaya energi dengan mengisi daya pada waktu kecepatan rendah.

Mopar mencatat bahwa pengisi daya ini akan berfungsi secara universal di dalam keluarga. Pengisian daya model ini, tengah dikembangkan untuk para pengguna Jeep atau Chrysler, dan akan mendapat garansi selama 3 tahun.(elk)

TERKINI
WRC 2024 Portugal: Toyota Gazoo Racing Mainkan Duet Sebastien Ogier dan Kalle Rovanpera, Hyundai Munculkan Sordo Belkote Dukung Penuh JDM Funday 2024 di Sirkuit Mandalika Lombok, Disambut Animo Tinggi Sportcar Jepang PEVS 2024: NETA Auto Indonesia Catat Prestasi Gemilang Cetak 108 SPK, Ini Fitur Unggulannya Wuling Cloud EV Raih Penghargaan The Most Tested Car di PEVS 2024, Segini Pesanan yang Diperoleh