WRC 2022 Monte Carlo: Penerapan Regulasi Baru dan Menanti Duel Loeb vs Ogier

Kamis, 20/01/2022 00:03 WIB

mobilinanews (Monaco) - Gelegar kompetisi FIA 2022 Wprld Rally Championship (WRC) dimulai di Rally Monte Carlo, Monaco, Kamis (20 Januari 2022). Sulit menebak para pereli favorit di trek aspal menyusuri pegunungan yang licin oleh salju dan jurang di mana-mana. 

Sulit karena tahun ini kali pertama WRC menerapkan mobil hybrid di kancah WRC. Tiga tim pabrikan (Toyota, Hyundai, Ford lewat M-Sport) semuanya masih meraba-raba keandalan mobil masing-masing di kompetisi sesungguhnya setelah serangkaian uji coba sejak tahun lalu. 

Regulasi baru tentu juga berarti karakter mobil yang berbeda yang pastinya juga membuat gaya mengemudi pereli harus ikut beradaptasi.

Ada banyak tanda tanya yang baru akan terjawab di seri lomba pembuka Rally Monte Carlo. Tak ada yang tahu titik kekuatan dan kelemahan masing-masing mobil maupun para pilot di dalam kokpit. Di Monte Carlo baru akan terlihat siapa yang paling siap dengan regulasi baru.

"Kita juga akan melihat perbedaan antara pengemudi yang telah punya kepercayaan diri dengan mobil spesifikasi baru ini, dengan pengemudi yang masih mencoba mencari kepercayaan diri itu. Juga bakal banyak perubahan tentang bagaimana mereka membangun setingan mobil dan cara terbaik mengendalikannya," komentar Jari-Matti Latvala, Team Principal Toyota Gazoo Racing.

Paparan singkat Latvala menjelaskan betapa sulitnya memprediksi jalannya reli pembuka serial 2022 ini.

Daya tarik lain yang dinanti fans WRC adalah bertemuanya para pereli top dunia di Monte Carlo. Mereka adalah Sebastien Ogier, pemegang 8 gelar WRC yang akhir tahun lalu menyatakan mundur dari kompetisi regular WRC.

Membesut Toyota GR Yaris, juara dunia 2021 itu hanya akan mengikuti beberapa seri WRC tahun ini bersama tim Toyota Gazoo Racing. Dengan reputasi 8 kali juara seri Monte Carlo, Ogier tentu layak jadi salah satu favorit juara bersama para pereli regular Hyundai dan Toyota.

Ogier akan bertemu legenda WRC yang tak lain adalah rekan sengeranya dri Prancis, Sebastien Loeb. Pemegang rekor 9 gelar WRC ini juga tampil di Monte Carlo 2022 di atas mobil besutan tim M-Sport Ford. Seperti Ogier, Loeb pun hanya akan mengikuti beberapa seri WRC musim ini.

Loeb juga punya reputasi spektakular di Monte Carlo dengan 7 kemenangan. 

Ia sendiri baru pulang dari Rally Dakar di Arab Saudi dengan prestasi runner up di bawah sang juara, Nasser Al Attiyah. Dua minggu bertarung di padang pasir jelas menguras stamina Loeb. Ia hanya punya kesempatan istirahat tak lebih dari 3 hari jelang Monte Carlo. 

Tapi, keterbatasan waktu itu sama sekali tak bisa mengabaikan performa Loeb di trek reli Monaco. Ia bisa bikin kejutan sebagaimana di Rally Dakar sebagai runner up. (rnp)

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag