F1 Larang Pesawat Tempur Terbang di Atas Sirkuit, Pengecualian Red Arrows di Silverstone!

Senin, 24/01/2022 06:08 WIB

mobilinanews (Inggris) - Manajemen Formula One telah menerbitkan aturan baru mulai musim 2022. Tak lagi ada parade pesawat militer yang lalu lalang atau bermanuver di atas sirkuit. Kekecualian buat pesawat milik angkatan udara Inggris.

Di berbagai penyelenggara balap F1 Eropa, Amerika Latin maupun Timur Tengah, atraksi udara melibatkan pesawat militer lazim terjadi jelang raceday. Menjadi hiburan tersendiri buat penonton jelang penantian start balapan.

Dengan alasan menghindari pencemaran udara, FOM (Formula One Management) kini melarang aksi tersebut di semua negara penyelenggara F1. itu juga sejalan dengan misi F1 untuk menggunakan bahan bakar bebas karbon di masa depan.

Atraksi pesawat udara masih diperbolehkan dengan catatan bahan bakar yang digunakan ramah lingkungan dan yang digunakan bukanlah pesawat militer.

"Ini sekaligus menghindari kepentingan politik yang bisa terjadi, misalnya sebagai ajang unjuk kekuatan militer negara bersangkutan dengan pesawat-pesawat tempur mutakhirnya," bunyi pernyataan FOM beberapa hari lalu.

Anehnya, itu tak berlaku buat The Red Arrows, pesawat milik Angkatan Udara Kerajaan Inggris yang menggelegar setiap kali F1 dihelat di Sirkuit Silverstone. Alasannya, meski pesawat milik negara, tetap  yang digunakan tak termasuk sebagai pesawat militer.

Pengecualian itu dipertegas dengan pernyataan tertulis pihak Silverstone. The Red Arrows yang telah menjadi bagian penting GP Inggris sejak 1966 akan terus berlangsung karena tak termasuk dalam klasifikasi yang ditetapkan F1.

"Dengan perasaan bahagia kami tegaskan bahwa Red Arrows akan terus hadir di GP Inggris sebagaimana tradisi selama ini. F1 sudah mengklarifikasi, Red Arrows tak termasuk sebagai pesawat milter. Jadi, penggemar di Silverstone bisa menyambutnya pada GP Inggris (3 Juli 2022) nanti," bunyi pernyataan manajemen Sirkuit Silverstone.

GP Italia dan GP Meksiko selama ini dikenal sebagai penyelenggara F1 yang akrab dengan pertunjukan parade pesawat militer di atas lintasan F1.

Sejauh ini belum ada reaksi atas kebijakan baru tersebut. Bisa jadi mereka malah senang, tak semata karena menjaga pencemaran udara tetapi juga sebagai penghematan karena atraksi itu jelas berbiaya sangat mahal. (rnp)

 

 

 

TERKINI
GWM Indonesia dan Ideafest Selenggarakan Diskusi Inspiratif Bahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid, MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Daihatsu Kumpul Sahabat Disupport Daihatsu, Ajak Pelanggan Setia Berbagi Kebahagiaan di Harapan Indah Bekasi Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap