MotoGP 2022: Honda Pastikan Marc Marquez Fit, Siap Lakukan Sesi Tes di Sepang dan Mandalika

Rabu, 26/01/2022 20:15 WIB

mobilinanews (Spanyol) - Honda Racing Corporation (HRC) dalam rilisnya hari ini, Rabu  26 Januari 2022, memastikan kesembuhan juara dunia MotoGP 6 kali Marc Marquez dari masalah diplopia di matanya. Juga dipastikan ia ambil bagian dalam tes di Malaysia dan Indonesia dua pekan ke depan.

Diplopia yang membuat pandangan Marquez buram dan berbayang kini sudah pulih sepenuhnya berdasarkan pemerikasaan medis pada 24 Januari lalu.

Hasil itu yang membuat HRC secara penuh mengizinkan pembalapnya tampil di Sirkuit Sepang pada 5-6 Januari dan selanjutnya main di Sirkuit Mandalika Indonesia pada 11-13 Februari 2022.

Sebelumnya sepanjang Januari ini Marquez sudah menguji diri dengan mengendarai motokros, superbike RC213V-S di Portimao Portugal dan terbaru mengendarai CBR600RR di Sirkuit Aragon Spanyol.

Usai tes Aragon, Marquez mengatakan tak ada lagi masalah pada matanya meski menguji motor dalam jumlah lap yang panjang.

"Sama sekali tak ada masalah. Kalau masih ada yang terasa tak nyaman dengan kondisi fisik, itu hanya karena terlalu lama tak naik motor," katanya.

HRC mengizinkan Marquez mengikuti test pra musim di Sepang dan Malaysia setelah tim dokter memastikan rider berusia 28 tahun itu sudah fit dan layak kembali ke motornya secara penuh.

"Selama musim dingin kondisi Marc terus dipantau dan dievaluasi. Ia rutin menjalani konsultasi dan pemeriksaan medis untuk diplopianya. Pada Senin lalu dokter memastikan diplopianya sudah sembuh total," tulis pihak HRC dalam rilisnya.

Marquez sendiri sebelumnya memastikan kondisi fisiknya sudah sangat layak untuk ikut tes para musim. Yang hanya ia butuhkan sepulang dari tes Aragon adalah izin dari dokter dan timnya. 

Ia pun mengaku tak sabar lagi menanti motor RC213V yang sudah memberinya banyak kemenangan di MotoGP. Sejak pertengahan musim 2021, ia ikut mencicil pengembangan prototype RC213V 2022.

Sayangnya, ia tak bisa ikut tes resmi November lalu akibat diplopia tadi. Artinya, di Sepang nanti adalah kesempatan pertama Marquez di atas RC213V yang full spesifikasi 2022. (rnp)

 

 

TERKINI
OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag Paguyuban Motor Si Paling Paham Gelar Halal bi Halal di Warung Solo Kemang, Simak Keseruannya