MotoGP 2022: KTM Luncurkan RC16 Terbaru, Optimis Dengan Manajer Baru Rekrutan Dari Ducati

Kamis, 27/01/2022 20:28 WIB

mobilinanews (Austria) - Tim pabrikan Austria, KTM, meluncurkan besutan baru RC16 spek 2022 untuk tim pabrikan maupun satelit. Tahun ke-7 di kelas MotoGP, kini target yang dipancang adalah tampil regular di podium atau minimal 5 Besar.

Target yang realistis karena di kelas Moto3 dan Moto3 sudah banyak trofi yang diraih KTM. Termasuk gelar juara dunia Moto3 atas nama Pedro Acosta dan di Moto2 malah lebih yahud karena juara dan runner up 2021 diraih Remy Gardner dan Raul Fernandez. Kini Gardner dan Fernandez lanjutkan kiprah bersama KTM lewat tim satelit KTM Tech.

Kedua ruki itu membesut motor pabrikan. Tentu saja keduanya tak dipasang untuk saling bantai dengan dua pabrikan, Brad Binder dan Miguel Oliveira.

Pembalap Afsel dan Portugal itu sudah mengecap kemenangan maupun podium di kelas primer. Wajar kalau keduanya berambisi untuk menambahkan jumlah kemenangan maupun podium.

"Saya sudah banyak belajar dari kesalahan pada musim sebelumnya. Baik soal strategi ban maupun manajemen kecepatan di lintasan. Kini saya paham apa ang harus dilakukan agar lebih kompetitif. Saya siap masuk musim 2022, jauh lebih siap dari musim lalu," tegas Binder yang tahun ini akan beradu di kelas sama dengan adik kandungnya, Darryn Binder, yang didapuk tim RNF Yamaha langsung dri Moto3 ke kelas primer.

Semangat sama diapungkan Oliveira. Target utamanya adalah minimal meraih poin di setiap grand prix sembari tetap coba bersaing di level podium.

"Saatnya memaksimalkan potensi diri, potensi motor dan potensi keseluruhan yang dimiliki crew. Saya harus menterjemahkan semua itu ke dalam bentuk hasil di kalsemen kejuaraan," ucapnya.

Yang menarik adalah kehadiran Francesco Guidotti sebagai manajer baru tim pabrikan KTM gantikan Mike Leitner. Pengalamannya di kubu Ducati diyakini akan membawa perubahan positif di skuad KTM.

"Selalu penting untuk meraih hasil lebih baik dari tahun sebelumnya. Lebih konsisten dari sisi hasil di 5 Besar atau podium, Tugas utama tim adalah menyediakan motor yang membuat pembalap senang. Brad dan Miguel sudah punya pengalaman di kelas ini dengan beberapa kemenangan dan podium, menunjukkan potensi yang mereka miliki. Kami berharap tahun ini kemenangan dan podium itu bisa diraih lebih banyak," komentar Guidotti dalam rilis tim KTM.

Target sama dilayangkan Direktur Motorsport KTM Pit Beirer, yakni masuk podium atau 5 Besar secara regular dengan peringkat sama di klasemen akhir.

"Tahun lalu tim kami juara dunia di Moto3 dan Moto2 sementara di MotoGP berada di peringkat 6. Itu sangat memotivasi kami masuk musim baru. Secara regular bertarug di podium harus menjadi tujuan tim sekarang ini. Tak mudah, tapi kami harus fight karena kami sudah tumbuh semakin baik," tutur Beirer yang dalam siaran langsung MotoGP sering tampak menonton dari kursi rodanya di garasi tim KTM. (rnp)

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag