Ikut Cerdaskan Bangsa, Daihatsu Beri Pelatihan Guru SMK se-Indonesia

Senin, 07/02/2022 14:30 WIB

mobilinanews (Jakarta) - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) konsisten menjadi bagian dari upaya bersama dalam memajukan pendidikan di Tanah Air.

Mereka selalu melbatkan program CSR (Corporate Social Responsibility), khususnya pada pilar Pintar Bersama Daihatsu, untuk pendidikan anak bangsa.

Pilar Pintar ini diwujudkan melalui acara sharing teknologi otomotif yang dikemas secara virtual untuk para guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di seluruh Indonesia, dalam bentuk pelatihan virtual, yang diikuti seluruh SMK di Indonesia.

Pada pelatihan ini, Daihatsu memberikan sharing seputar teknologi otomotif All New Xenia kepada guru SMK binaan Daihatsu se-DKI Jakarta, dan Banten pada 3 Februari 2022, serta menyusul area lainnya yang ada di Indonesia.

Kali ini, Daihatsu bagikan informasi detil mengenai spesifikasi dan teknologi All New Xenia, seperti cara kerja Automatic Transmission, Continuous Variable Transmission (CVT), dan Dual Mode Continuous Variable Transmission (D-CVT).

1. Automatic Transmission sendiri memiliki, cara kerja menggunakan torque converter yang mengubah tenaga mekanis dari mesin menjadi energi kinetis dan menyalurkannya kepada roda, perpindahan gigi tidak diperlukan kopling, menggunakan pengaturan ratio roda gigi dengan mekanisme Gear Ratio yang diatur oleh Planetary Gear dan semua diatur oleh Electronic Control Transmission (ECT).

2. Continuous Variable Transmission (CVT) menggunakan mekanisme transmisi variabel kontinu dengan sabuk baja dan variasi diameter pulley. Perpindahan gigi berdasarkan putaran mesin dan kecepatan kendaraan. Pada saat pergantian gigi terasa halus dan rasio gigi tidak terbatas.

3. Dual Mode Continuous Variable Transmission (D-CVT) merupakan teknologi pertama kali di dunia yang diciptakan Daihatsu untuk menghasilkan kinerja yang baik dengan meningkatkan efisiensi transmisi, efisiensi bahan bakar, akselerasi dan lebih halus.

Dengan mekanisme yang dilengkapi dengan Dual Mode yaitu Belt Mode dan Split Gear Mode. Saat kecepatan rendah perpindahan rasio dikontrol oleh belt dan pulley sedangkan pada saat kecepatan tinggi perpindahan rasio dikontrol oleh mekanisme gear.

Section Head of Service Training Department PT ADM, Aji Prima Barus Nurcahya mengungkapkan pelatihan ini merupakan komitmen Daihatsu sebagai Mitra Dudi dalam meningkatkan Link and Match program vokasi dan industri (ADM).

"Daihatsu berharap para guru SMK dapat meneruskan pengetahuan ini kepada para murid di sekolahnya, sehingga dapat lebih mempersiapkan diri ketika terjun langsung ke dunia industri," kata Aji di Jakarta.(elk)

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag