Sumatra Tribute For Camel Trophy 2022 : Singgah di Sirkuit Suwarnadwipa, Komjen Nanan Soekarna cs Dilepas Bupati Muara Bungo

Rabu, 09/02/2022 16:58 WIB

mobilinanews (Muara Bungo) - Setelah sempat singgah dan adu balap di Suwarnadwipa Nusantara Circuit, rombongan 40 mobil Land Rover peserta Sumatra Tribute for Camel Trophy 2022 dilepas Bupati Muara Bungo, Jambi H Mashuri S.P, M.E di halaman rumah dinas Bupati Muara Bungo, Rabu (9/2/2022) tadi pagi. 

Selain Bupati, juga tampak Kapolres Muara Bungo AKBP AKBP Guntur Saputro S.I.K, M.H, Dandim Letkol Inf Arianto Maskare Subagio S.Sos, M.Si, H Jimmy Syamsudin (pemilik Suwarnadwipa Nusantara Circuit), serta SKPD Kabupaten Muara Bungo lainnya.

Peserta Sumatra Tribute for Camel Trophy 2022 dari komunitas Land Rover Club Indonesia (LRCI) diantaranya Komjen (P) Nanan Soekarna mantan Wakapolri, Syahrial Oesman (mantan Gubernur Sumsel) serta Yan Najib (mantan ketua IMI Sumsel melanjutkan perjalanan menantang ke Sumatra Utara.

Menurut Lody Natasha selaku Ketua Klub Nusantara Racing (klub milik Suwarnadwipa Nusantara Circuit), sudah tidak asing bagi pencinta offroad, event bergengsi dunia Camel Trophy yang pernah diselenggarakan pada 1980 sampai 2000.

"Event International ini, pernah 3 kali menyambangi Indonesia pada 1981 di Sumatra, 1988 (Sulawesi) dan 1996 di Kalimantan," ungkap Natasha kepada mobilinanews.

Adapun event bertajuk Sumatra Tribute of Camel Trophy ini diselenggarakan LRCI dengan event director Fion Kamil yang melakukan perjalanan sejak 6 hingga 22 Februari 2022 dengan start dari Jambi dan finish di Medan (Sumatra Utara). 

Muara Bungo menjadi salah satu kota yang dilintasi peserta napak tilas Camel Trophy 1981 ini, tentu menjadi daya tarik tersendiri. Karena prasasti Camel Trophy yang ditanda tangani Ketum IMI Pusat Bamsoet saat pelepasan start di kota Jambi, juga ditempatkan di Muara Bungo. 

"Selain itu, para peserta singgah di Suwarnadwipa Nusantara Circuit. Selain melepas penat, peserta juga memiliki kesempatan melakukan perbaikan kendaraan di paddock secara leluasa di sirkuit milik H Jimmy Syamsudin ini," lanjut Natasha yang juga seorang offroader wanita senior. 

Pada Senin, 7 Februari 2022, peserta Sumatra Tribute sampai di Muara Bungo dan bermalam dengan camping ground di Suwarnadwipa Nusantara Circuit. Secara bertahap peserta lain tiba di sirkuit pada Selasa, 8 Februari 2022.

Ternyata, selain melakukan preparasi kendaraan, sejumlah peserta Sumatra Tribute berkesempatan melahap sirkuit garapan offroader kawakan Memen Harianto dan tim.

"Menariknya, peserta tampak antusias melakukan adu kebut di lintasan sepanjang 7 km tersebut. Dari mulai survei lintasan hingga race dengan jeep Land Rover dadakan oleh para peserta dan tentu saja kami memberikan panduan serta fasilitasi untuk mekanisme balap di sirkuitnya," terang Natasha. 

Malam harinya, diadakan malam keakraban peserta Sumatra Tribute bersama pengelola Suwarnadwipa Nusantara Circuit dengan makan bersama diiringi live music.

"Dan puncak acara tadi malam ada penyerahan sumbangan 1000 bibit Jernang dari Suwarnadwipa Nusantara Circuit, serta juga ada bantuan peralatan ibadah dan alat tulis dari peserta Sumatra Tribute kepada Orang Rimba," beber Natasha.

Sirkuit Suwarnadwipa Nusantara juga melakukan jamuan makan dengan makanan khas Muara Bungo.

Rabu, 9 Februari  pagi peserta Sumatra Tribute bergerak dari Sirkuit Suwarnawdipa melakukan konvoi keliling kota Muara Bungo. Selanjutnya peserta dilepas dari kediaman dinas Bupati Muara Bungo melanjutkan perjalanan menuju Sumatera Utara.

Sementara itu H Jimmy Syamsudin yang ikut mendampingi peserta Sumatra Tribute sejak dilepas di kota Jambi, Muara Bungo hingga di Suwarnadwipa Nusantara Circuit tampak selalu ceria yang memang menjadi ciiri khas beliau.

"Yang penting kan peserta Sumatra Tribute happy dan enjoy selama di Muara Bungo, termasuk di Suwarnadwipa Nusantara Circuit. Kebanggaan juga buat masyarakat Muara Bungo dengan kotanya bisa disinggahi rombongan Sumatra Tribute dan menjadi hiburan tersendiri untuk mereka," ujar Pak Haji, sapaan akrabnya.

"Semoga ke depan juga banyak event-event otomotif di Muara Bungo. Harapan saya, Suwarnadwipa Nusantara Circuit bisa menjadi sentra otomotif di Pulau Sumatra, salah satunya karena fasilitas memadai serta letaknya tepat di tengah Pulau Sumatra," pungkas Haji Jimmy Syamsudin. (bs)

TERKINI
F1 2024: Ini Sinyal Tim Yang Akan Menampung Adrian Newey, Bukan Ferrari atau Mercedes Benny Santoso Raih Trofi Juara Pertama TCR Asia Series 2024, Piala Pertama Balapan International Hyundai dan Grab Salurkan Alat Batu Gerak dan Kursi Roda Kepada Penyandang Disabilitas Wuling Ajak Komunitas Rasakan Sensasi dan Kenyamanan Berkendara Cloud EV