Tes Pramusim MotoGP 2022 Mandalika: Duh, Honda Disinyalir Menjiplak Sistem Aerodinamika Milik Ducati

Minggu, 13/02/2022 01:01 WIB

mobilinanews (Lombok) - Dalam tes pramusim MotoGP 2022 yang berlangsung di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, salah satu fokus tim dalam pengujian adalah mengembangkan beberapa hal untuk meningkatkan performa motor balapnya.

Selain menyelaraskan settingan mesin dengan beberapa hal yang ada di motor, pada tes pramusim ini juga biasanya mereka melakukan settingan terbaik untuk handling pada motor masing-masing.

Selain itu, para engineer akan mendengarkan input dari pembalap mengenai karakter motor serta track yang mereka tes.

Bahkan, kerap kali tim balap juga turut melakukan pengujian komponen baru untuk dapat memberikan performa lebih untuk motor mereka.

Dalam hal ini, Repsol Honda Team kedapatan meniru inovasi yang telah digunakan oleh tim Ducati Corse pada penggunaan winglet di body fairing.

Hal ini terungkap melalui sebuah foto di mana pada bagian fairing bawah motor Honda RC213V yang ditunggangi oleh Pol Espargaro, ada komponen baru yang dipasangkan oleh pabrikan.

Rupanya penggunaan winglet baru tersebut telah disematkan oleh Honda sejak hari pertama sesi tes pramusim yang dilangsungkan pada Jumat (11/2/2022).

Melalui kehadiran winglet baru tersebut, melansir GPone, komponen ini memiliki fungsi ganda yaitu membersihkan semburan udara yang mengenai fairing dan memungkinkan menghasilkan downforce di atas kecepatan tertentu menstabilkan motor di lintasan lurus, dan juga memberikan stabilitasi pada saat melakukan pengereman.

Memang penggunaan komponen winglet pada body fairing saat ini diperbolehkan asalkan sesuai dengan ketentuan yang telah diatur oleh pembuat regulasi. Beberapa tim pun juga sudah menggunakan komponen tersebut pada motor mereka.

Mengenai tampilannya, memang berbeda-beda sesuai dengan karakter motor masing-masing.

Namun pada kasus Honda ini, banyak orang menilai bahwa winglet yang dipakai memiliki persamaan dengan yang digunakan pada motor Ducati GP22. (sya)

TERKINI
Honda Resmikan Layanan Bodi dan Cat Baru di Mitra Lenteng Agung Depok Jawa Barat, Perluas Layanan Purnajual Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya Mendukung Pelari Perempuan Berprestasi, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Begini Cara "Kartini Zaman Now" Belajar Mengendarai Motor yang Aman Bersama Honda