Terkait Regulasi Baru Remap ECU, Peslalom Ini Ingin Tetap Pakai Regulasi 2021

Senin, 14/02/2022 05:38 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Kabar mengenai adanya regulasi baru slalom 2022 yang memperbolehkan melakukan remap ECU masih terus bergulir. Peslalom asal Solo, Ahmad Adib, memberikan tanggapannya terkait hal tersebut

Menurut peslalom yang konsisten di Kelas A ini, regulasi yang ada atau yang tahun lalu digunakan dirasa masih sangat kompetitif ketimbang harus ada penambahan peraturan baru yang memperbolehkan tim slalom untuk melakukan remap ECU.

"Regulasi kemarin itu sudah cukup menurut saya, tapi dengan adanya open remap ECU ini belum tahu apakah memang sudah disahkan atau belum," buka Adib, kepada mobilinanews.

Melihat urgensi terkait penambahan regulasi baru ini, Adib, menjelaskan bahwa slalom ini merupakan cabang balap yang memang membutuhkan keterampilan mengemudikan mobil di atas lintasan.

"Slalom ini kan olahraga pada skill, bukan pada development mobil. Porsi lebih besar ke skill karena kan kalau gymkhana itu semua mobil sama hanya saja kemampuan kita yang diuji," tambah Adib.

Jika nanti regulasi tersebut benar-benar disahkan dan Kelas A diperbolehkan melakukan remap ECU, tim slalom ini harus merogoh kocek lagi guna membayar jasa tuner dalam mencari settingan terbaik untuk mobil mereka.

"Kalau regulasi kemarin sudah oke, batasan cuma pemasangan piggybag, velg dan ban, coilover, dan beberapa hal lain. Kalau bisa dipertahankan regulasi yang kemarin, karena kalau saya melihatnya sudah sangat kompetitif tanpa harus ada remap ECU," sambungnya.

Gerry Rosanto sebagai Ketua Komisi Slalom Ikatan Motor Indonesia (IMI), menjelaskan latar belakang regulasi tersebut diusulkan pada Rakornas IMI 2022 beberapa waktu lalu.

"Kita sudah boleh pakai piggybag dan segala macem, lalu ada beberapa juga yang sudah pake remap ECU, itu panitia tidak bisa membuktikan benar atau tidaknya kalau ada protes apakah itu remap atau standar," tambah Gerry. (sya)

TERKINI
Honda Resmikan Layanan Bodi dan Cat Baru di Mitra Lenteng Agung Depok Jawa Barat, Perluas Layanan Purnajual Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya Mendukung Pelari Perempuan Berprestasi, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Begini Cara "Kartini Zaman Now" Belajar Mengendarai Motor yang Aman Bersama Honda