Tes Pra Musim F1 2022: 4 Jam Pertama, Charles Leclerc Bawa Ferrari Tercepat Kalahkan Mercedes dan Red Bull

Rabu, 23/02/2022 19:58 WIB

mobilinanews (Spanyol) - Hari pertama (Rabu  23 Februari 2022) tes pra musim di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol, baru berlangsung 4 jam. Belum semua pembalap F1 mengaspal karena beda jatah. Ferrari yang dikabarkan paling siap menyongosng perubahan regulasi 2022 sementara tercepat.

Tes perdana ini memang diseting sebagai sesi shakedown semata, semacam sesi perkenalan untuk pembalap mengenal lebih dalam besutan mobil baru masing-masing. Tiga hari tes hingga 25 Februari nanti dibagi 6 sesi, maaing-masing 4 jam dan digunakan bergantian oleh pembalap. Karena itu juga FIA, F1 maupun Liberty Media tak membuat tayangan khusus di televisi maupun live timing. Tes sesungguhnya berlangsung di Bahrain bulan depan.

Hasil 4 jam pertama, Chales Leclerc (Ferrari) menjadi pembalap tercepat sementara setelah melahap trek sebanyak 57 laps. Ia torehkan waktu 1 menit 20,165 detik. Urutan 2 hingga 10 dihuni George Russell (Mercedes), Lando Norris (McLaren), Max Verstappen (Red Bull), Yuki Tsunoda (Alpha Tauri), Fernando Alonso (Alpine), Sebastian Vettel (Aston Martin), Nicholas Latifi (Williams), Nikita Mazepin (Haas) dan Robert Kubica (tester Alfa Romeo).

Sepuluh pembalap lainnya akan mengaspal di sesi sore waktu Spanyol atau malam ini WIB, termasuk Lewis Hamilton (Mercedes).

Catatan waktu 4 jam perdana itu tentu sama sekali belum bisa jadi parameter menilai rivalitas masing-masing tim maupun pembalap. Kemungkinan besar catatan waktu meningkat pada sesi lanjutan karena faktor cuaca dan grib ban yang lebih kuat.

Verstappen yang turun sebanyak 65 laps pun mengaku belum terlalu memikirkan waktu dan karena itu sama sskali tak gelisah saat RB18-nya tertinggal hampir 2 detik dari Ferrari.

"Perubahan regulasi membuat mobil tahun ini sangat berbeda dengan tahun lalu. Jadi saat ini baru sebatas penyesuaian dan mencari kenikmatannya," kata juara dunia 2021 itu.

Menariknya, RB18 yang dibesut hari ini berbeda tampilannya dengan yang di-launching tempohari. Tedutama pada sidepod yang lebih gemuk dan sayap depan maupun belakang. Kini jelas kalau Red Bull memang merahasiakan beberapa tampilan luar RB18 hingga hari tes.

Perubahan itu pun menarik perhatian Hamilton. Saat Russell geber W13 di lintasan, ia jalan-jalan di pitlane dan melongok garasi tim Red Bull dan mencoba mengintip sayap depan RB18.

Meski tes sesungguhnya di Bahrain nanti, tetap saja menarik menunggu kecepatan maksimal mobil 2022 di Sirkuit Catalunya. Akan seberapa besar beda waktunya dengan kuakifikasi GP Spanyol 2021. Saat itu Hamilton meraih pole position dengan waktu 1:16,741. Lecrec yang saat itu tercepat ke-4 mencatat wakru 1:17,510.

Akankah mobil 2022 dengan mesin, sasis, aerodinamika dan ban baru 18 inci lebih kencang dari spek 2021 atau sebaliknya? (rnp)

 

 

 

 

TERKINI
GWM Indonesia dan Ideafest Selenggarakan Diskusi Inspiratif Bahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid, MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Daihatsu Kumpul Sahabat Yang Disupport GT Radial, Ajak Pelanggan Setia Berbagi Kebahagiaan di Harapan Indah Bekasi Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap