F1 2022 : Pembalap Rusia Terancam Kehilangan Grid, Tim Haas Siapkan Pengganti

Sabtu, 26/02/2022 20:55 WIB

mobilinanews (Italia) - Perang Rusia versus Ukraina benar-benar bikin pusing Team Principal Haas F1, Guenther Steiner. Maklum saja, tim AS - negeri pemimpin NATO yang berada di pihak Ukraina - ini justru lengket dengan pihak Rusia.

Pada sesi akhir tes pra musim F1 di Barcelona, Spanyol kemarin, tim Haas menghapus logo Uralkali dan simbol bendera Rusia dari mobil mereka.

Uralkali adalah sponsor utama Haas yang dimiliki konglomerat Rusia Dimitry Mazepin yang dikenal dekat dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Langkah itu adalah reaksi tim atas serangan militer Rusia ke Ukraina yang mendapat kecaman internasional. Steiner tak menyebut pihaknya mendapat tekanan dari pihak luar.

Tapi mereka tak bisa berkelit dengan aksi boikot yang gencar terhadap produk dan semua kepentingan Rusia di dunia internasional.

F1 sendiri dan sejumlah pembalap sudah resmi lancarkan boikot untuk penyelenggaraan GP Rusia pada September mendatang.

Setelah sponsor dan simbol bendera Rusià, kini Haas menghadapi dilema lain yang tak ringan. Yakni soal keberadaan Nikita Mazepin sebagai pembalap reguler di F1.

Nasib putra Dimitry itu benar-benar riskan. Di tengah serbuan kecaman kepada Rusia, Haas sudah harus siap kehilangan Mazepin jika situasi menuntutnya.

Steiner pun sudah siap menghadapi kemungkinan itu dengan menyiapkan pembalap pengganti. Persiapan yang menyiratkan tanda-tanda genting soal posisi Mazepin.

Ia menambahkan pekan depan akan berlangsung rapat besar dalam tim asal Amerika Serikat ini. Di situ akan diputuskan apakah meneruskan kemitraan dengan Uralkali atau tidak dengan kemungkinan tidak berlanjut. Dan, itu pasti terkait dengan masa depan Mazepin. 

"Jika Nikita tak lagi bisa balapan, untuk satu alasan tertentu, calon pertama penggantinya adalah Pietro (Fittipaldi)," tegas Steiner dikutip dari racefans.com.

Pietro Fittipaldi (Brasil) adalah test driver dan pembalap cadangan Haas yang muncul kali pertama saat menggantikan Romain Grosjean yang terlibat kecelakaan dahsyat (mobil terbelah dan terbakar hebat di GP Bahrain 2020).

"Tak ada yang lebih pantas dibandingkan Pietro. Ia sudah beberapa tahun bersama kami. Ia sangat mengenal tim dan mobil kami," imbuh Steiner dengan bahasa seolah nasib Mazepin tinggal menunggu hari keluar dari grid F1.

Efek serangan Rusia ke Ukraina memang menjalar kemana-mana, termasuk olahraga. Di kancah sepakbola, misalnya, para sponsor asal Rusia mulai dihadang, pertandingan atau event terkait Rusia pun diboikot.

Kini, di F1 bersih-bersih dari 'bau' Rusia juga sedang berlangsung. (rnp)

 

 

TERKINI
Semok, Layanan Servis Motor Keliling Melayani Lebih dari 1.000 Konsumen Motor Honda Selama Januari-April 2024. Wuling EV Jadi Official Car Partner Dalam 10th World Water Forum 2024 di Bali Human Error Masih Jadi Penyebab Utama Kecelakaan Sepeda Motor di Indonesia, Suzuki Beri Tips Praktis Rem Motor untuk Hindari Bahaya Kymco Like ABS 150i: Skutik Vintage yang Memukau dengan Sentuhan Modern