Daihatsu Berbagi Ilmu Seputar Teknologi Xenia Baru dengan Guru SMK Se-Jawa Timur

Kamis, 03/03/2022 01:01 WIB

mobilinanews (Jakarta) - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) terus mendukung para siswa untuk mendapatkan ilmu dan pemahaman yang komprehensif pada kendaraan, sehingga dapat menjadi bekal bagi dunia kerja di masa depan.

Oleh karena itu, melalui pilar Pintar Bersama Daihatsu dalam program Corporate Social Responsibility (CSR), Daihatsu terus mengedukasi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dalam dunia otomotif.

Kali ini dalam sesi sharing teknologi otomotif yang dikemas secara virtual, Daihastu berbagi ilmu untuk para guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) binaan di seluruh se-Jawa Timur pada 24 Februari 2022.

Pada pelatihan kali ini, Daihatsu berikan sharing detil seputar teknologi otomotif All New Xenia kepada guru SMK binaan Daihatsu, mulai dari mekanisme kerja Automatic Transmission, Continuous Variable Transmission (CVT), hingga Dual Mode Continuous Variable Transmission (D-CVT).

Section Head of Service Training Department PT ADM, Aji Prima Barus Nurcahya mengatakan mereka sejak awal berkomitmen untuk menjadi partner duani pendidikan khususnya pendidikan vokasi untuk memberikan kematangan penguasaan materi anak didik untuk dapat bersaing di dunia kerja.

“Pelatihan ini merupakan komitmen Daihatsu sebagai Mitra dunia pendidikan, dalam upaya meningkatkan Link and Match program vokasi dan industri (ADM). Daihatsu berharap para guru SMK dapat meneruskan pengetahuan ini kepada para murid di sekolahnya, agar menjadi bekal terjun ke dunia industri," ujarnya.

Secara lebih detail, pihak Daihastu menjelaskan cara kerja Automatic Transmission, yang menggunakan torque converter untuk mengubah tenaga mekanis mesin menjadi energi kinetis dan disalurkan ke roda.

Perpindahan gigi ini, tidak perlu kopling. Ia menggunakan pengaturan ratio roda gigi dengan mekanisme Gear Ratio yang diatur oleh Planetary Gear dan semua diatur oleh Electronic Control Transmission (ECT).

Untuk Continuous Variable Transmission (CVT) yang menggunakan mekanisme transmisi variabel kontinu, komponen itu mengdandalkan sabuk baja dan variasi diameter pulley. Perpindahan gigi akan terjadi berdasarkan putaran mesin dan kecepatan kendaraan. Dengan kinerja itu, pergantian gigi akan terasa halus dan rasio gigi tidak terbatas.

Komponen Dual Mode Continuous Variable Transmission (D-CVT) merupakan teknologi pertama kali di dunia yang diciptakan Daihatsu untuk menghasilkan kinerja yang baik dengan meningkatkan efisiensi transmisi, efisiensi bahan bakar, akselerasi dan lebih halus, karena dukungan Belt Mode dan Split Gear Mode.

Saat kecepatan rendah perpindahan rasio dikontrol oleh belt dan pulley sedangkan pada saat kecepatan tinggi perpindahan rasio dikontrol oleh mekanisme gear.

Sebagaimana diketahui, Daihatsu All New Xenia dilengkapi dengan beragam fitur dan teknologi terkini.

Xenia terbaru juga, dibekali ground clearance tinggi, serta sudut putar kecil, menambah kemudahan serta kenyamanan berkendara. Xenia dilengkapi fitur keselamatan terbai yakni ASA (Advanced Safety Assist), Transmisi Manual dan D-CVT, serta memiliki 2 pilihan mesin berkapasitas 1.5 (2NR-VE) dan 1.3 (1NR-VE). (elk)

 

 

 

TERKINI
Honda Resmikan Layanan Bodi dan Cat Baru di Mitra Lenteng Agung Depok Jawa Barat, Perluas Layanan Purnajual Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya Mendukung Pelari Perempuan Berprestasi, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Begini Cara "Kartini Zaman Now" Belajar Mengendarai Motor yang Aman Bersama Honda