MotoGP 2022 Qatar: Siap Geser Marc Marquez di Honda, Saatnya Pol Espargaro Unjuk Diri

Kamis, 03/03/2022 11:58 WIB

mobilinanews (Spanyol) - Tercepat di Sirkuit Mandalika, Indonesia, jadi modal besar Pol Espargaro menuju GP Qatar akhir pekan ini. Dari fakta yang ada, ia adalah rider unggulan Honda saat ini.

Masuk musim 2022, Honda Racing Corporation (HRC) membuat langkah radikal membangun dan menghadirkan all new RC213V. Semua aspek (mesin, sasis, aerokit, beserta turunannya) berubah.

Jika pada RC213V sebelumnya, area depan menjadi titik kekuatan Marc Marquez sekaligus kendala joki Honda lainnya, kini dibalik.

Motor 2022 dikembangkan memang tanpa banyak masukan dari Marquez yang bolak-balik dilanda cidera. Espargaro lebih punya andil sehingga tak salah menyebut besutan 2022 lebih cocok dengan riding style Espargaro.

Sebaliknya, Marquez mengakui motor tahun ini sangat berbeda dengan kebiasaannya. Ia masih harus beradaptasi dengan motor itu setidaknya hingga beberapa race awal. Setidaknya itulah pengakuannya.

Kini RC213V tercepat di Mandalika. Espargaro yang lakoni debutnya di Honda tahun lalu penuh dengan penderitaan (sulit beradaptasi) pun sekarang menatap Qatar dan kejuaraan 2022 dengan penuh semangat.

"Ini sangat berbeda dengan 12 bulan lalu saat pertama bersama Honda. Tahun ini kami bangun motor yang berbeda. Saya sangat paham karakternya dan tak ada yang menyebut motor ini lebih buruk dari tahun lalu," kata Espargaro.

Intinya, kata adik kandung Aleix Espargaro (Aprilia) itu, ia siap menuju GP Qatar dan bertarung ke zona podium. Bahkan, ia yakin bisa bersaing di baris depan di setiap seri tahun ini.

"Kami bagus saat tes. Betul, segala sesuatunya bisa berubah saat balap sesungguhnya. Tapi, saya sangat yakin dengan paket kami. Mari kita tunggu saja siapa yang bersaing di depan," tegasnya.

Melongok situasi internal tim Repsol Honda, tekad dan kepercayaan diri Espargaro jelas mengancam supremasi Marquez di dalam tim.

Rivalitas keduanya berpotensi panas di dalam maupun di luar sirkuit. Seperti era yunior hingga di Moto2, saat keduanya adalah musuh besar. Bahkan menjadi permusuhan antara keluarga besar Espargaro dengan keluarga Marquez.

Marquez sendiri mengaku tak tahu apa yang jadi targetnya di Qatar, dengan all new RC213V yang belum sepenuhnya matching dengan gaya balapnya.

"Motivasi saya besar memulai musim baru. Ini tahun ke-10 saya di MotoGP, menjadi salah satu yang paling berpengalaman di starting grid. Tapi, saya datang dengan motor baru dan belum tahu bagaimana prilskunya dalam balapan panjang," kata pemegang 6 gelar MotoGP itu.

"Tapi, begitu balapan dimulai, tujuan saya masih tetap sama: fight di kejuaraan dunia. Saat ini banyak kompetitor kuat, namun saya harus siap," tandasnya.

Sebelum bertempur dengan joki pabrikan lain, persaingan Marquez dengan Espargaro jelas jadi daya tarik tersendiri. Dimulai dari Qatar pada akhir pekan ini.(rnp)

 

 

TERKINI
Chery dan Konsistensi Inovasi Teknologi di OMODA E5, Bukti Keseriusan Dalam Mendukung EV Indonesia Wuling Resmi Buka Pemesanan Cloud EV di PEVS 2024, Harga Pre-book Rp410 Juta FIF Terima Fasilitas Pinjaman Berkelanjutan Senilai 60 Juta Dolar GWM dan Spirit Global di Ajang Beijing International Automotive Exhibition