F1 2022: Sempat Dibela FIA, Tim Haas Tetap Pecat Nikita Mazepin Buntut Invasi Rusia ke Ukraina

Sabtu, 05/03/2022 08:18 WIB

mobilinanews (Jerman) - Setelah sponsor dan simbol negara Rusia mental dari livery tim Haas di F1, kini pembalap Rusia Nikita Mazepin yang harus out dari tim asal AS itu.

Berita yang sedang breaking news itu diberitakan skysports Jerman namun belum ada konfirmasi resmi dari tim Haas.

Lebih lanjut disebut penggantinya adalah Pietro Fittipaldi, cucu pembalap legendaris Brasil Emerson Fittipaldi yang selama ini reserve driver di tim Haas.

Sebelumnya, Team Principal Haas Guenther Steiner sudah menyebut kemungkinan pemecatan Mazepin, putra konglomerat Rusia Dmitry Mazepin juga pemilik grup usaha Uralkali sponsor utama Haas.

Steiner pun menyebut Fittipaldi adalah orang pertama yang jadi pilihan pengganti Mazepin.

Pada Selasa lalu sebenarnya FIA sudah beri pembelaan untuk Mazepin agar bisa terus berada di grid F1. Federasi balap mobil dunia itu izinkan Mazepin terus balapan di F1 dengan ketentuan tak boleh membawa nama dan negara Rusia. Ia harus berlomba di bawah bendera FIA.

Namun, Haas yang merupakan satu-satunya tim AS di kancah F1 bersikap lain, tetap bersih-bersih unsur Rusia di dalam timnya. Ini efek langsung dari invasi militer Rusia ke Ukraina yang sudah berlangsung dua minggu.

Dengan begitu, Fittipaldi akan mendampingi Mick Schumacher dalam seri pembuka kompetisi 2022 di GP Bahrain, 10-12 Maret 2022.

Kalau tahun lalu Mazepin dan Schumacher menjadi daya tarik karena dua-duanya pembalap rookie, kini Haas juga menyimpan daya tarik lain dari kedua pembalap mudanya, yakni sama-sama putra juara dunia F1. (rnp)

TERKINI
Awas! Menyemprot Bagian Dalam Mesin Dengan Angin Kompresor Ternyata Dapat Berbahaya Untuk Motor MotoGP 2024: Demi Kursi di Tim Pabrikan Ducati, Marc Marquez Rela Korbankan 5 Sponsor Setianya Perkuat Layanan, Chery Buka Diler Baru di Jalan Veteran Makassar Sulawesi Selatan Dukung Kemajuan SDM Siswa, Auto2000 Edukasi Pelajar SMK Tentang Mobil Listrik