Tes Pramusim F1 2022: Ferrari Teratas, Performa Mercedes Masih Tanda Tanya

Sabtu, 12/03/2022 01:03 WIB

mobilinanews (Bahrain) - Setelah Charles Leclerc, hari Jumat (11/3/2022), giliran Carlos Sainz yang mencuri perhatian. 

Pembalap asal Spanyol itu menggenjot Ferrari F1-75 menjadi tercepat dengan rekor waktu terbaik dalam dua hari tes resmi di Sirkuit Sakhir, Bahrain.

Sainz membukukan waktu 1:33,532 yang menjadi rekor tercepat sementara saat ini, padahal hanya turun 29 laps.

Leclerc tercepat ke-4 dengan catatan waktu 1:34,366. Meski urutan 4, waktunya lebih bagus dibandingkan hari pertama tes.

Ia turun 54 laps, karena fokusnya adalah setingan untuk menyongsong balapan pertama F1 musim 2022 di trek sama pekan depan.

Kalau sebelumnya AlphaTauri lewat Pierre Gasly yang bisa mengalahkan Leclerc, kini tim medioker lainnya macam Lance Stroll (Aston Martin) dan Esteban Ocon (Alpine) bisa mengimbangi Ferrari.

Keduanya berada di urutan 2 dan 3 tercepat. Ocon yang tampil dengan livery pink eks Racing Point (livery ini hanya digunakan Alpine pada dua race awal 2022) malah sempat tercepat di sesi pagi.

Penampilan tim AlphaTauri, Aston Martin dan Alpine membuat komunitas F1 mulai percaya regulasi 2022 membuat rivalitas antar tim semakin merata. Tanpa dominasi tim tertentu saja seperti musim-musim sebelumnya.

Sebaliknya dengan tim elit Mercedes dan Red Bull. Lewis Hamilton dan George Russell hanya mampu membawa Mercedes W13 di urutan 5 dan 13 tercepat.

Artinya, untuk saat ini, sidepod dan kaca spion W13 besutan mereka belum berikan konstribusi signifikan pada kecepatan. Tak ada hal istimewa pada penampilan W13 sejauh ini. 

"Saya pikir Ferrari yang paling siap musim ini, mereka yang harus jadi perhatian," tukas Russell yang seperti Hamilton belum menanggapi tuduhan ilegal pada besutan 2022 mereka.

Tapi, sekali lagi, ini baru dua hari tes. Bukan tak mungkin Mercedes belum kerahkan seluruh kemampuan untuk memburu waktu tercepat, karena tim ini memang suka menyembunyikan kekuatan di saat awal tes.

Contohnya pada tes Barcelona lalu, baru hari terakhir keduanya naik puncak waktu tercepat.

Juara dunia 2021 Max Verstappen (Red Bull) juga belum tampil menggiurkan. Hanya berada di posisi tercepat 7 dengan selisih waktu hampir 2 detik dari Sainz.

Hari terakhir tes berlangsung Sabtu (12/3/2022) sekaligus uji coba terakhir jelang seri pembuka di GP Bahrain pekan depan.

Menarik menanti apakah Mercedes tampil garang atau tidak, dan apakah sidepod dan kaca spion yang kontroversial itu benar-benar efektif meningkatkan kecepatan? (rnp)

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag