Demas Agil (Juara ITCR Max) : Regulasi Disempurnakan Membuat Balapan Lebih Kompetitif, Seru dan Bikin Stress!

Kamis, 17/03/2022 02:31 WIB

mobilinanews (Bogor) - Pembalap Toyota Gazoo Racing Indonesia, Demas Agil memberikan komentarnya terkait persaingan seru yang terjadi pada kelas ITCR Max 2022, kelas yang diikutinya di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Ahad (13/3/2022).

Menurut Demas, ketatnya persaingan antar pembalap itu bisa dilihat dari sesi QTT, Superpole hingga Race.

"Seru bamget, waktunya tipis-tipis sekarang. Iya kalau 3 sesi bisa begitu terus sih stres juga," ujar Demas Agil kepada mobilinanews.

Di sesi QTT hari Sabtu siang, Zharfan Rahmadi (DMO Garage) menjadi yang tercepat dengan keunggulan margin waktu yang sangat tipis. Demas Agil di posisi kedua.

Namun di Sesi Superpole, ganti Demas Agil pukul Zharfan juga dengan waktu yang ketat. Oya, tanpa kehadiran pembalap Honda Racing Indonesia, persaingan tetap membara di ITCR Max.

Pasalnya, bercokol nama-nama paten seperti Demas Agil, Zharfan Rahmadi, Benny Santoso, Avan Abdullah, Ichan, Dypo Fitra serta Abraham Franklin. 

"Tetap ketat persaingannya. Saya memandang semua pembalap sama, dan mereka yang kemarin balapan ITCR Max adalah Sebastian Vettel. Kita tidak bisa melihat orang lebih kecil dari kita atau under estimate karena mereka bukan pabrikan. Jadi kita harus pukul rata semua orang punya kapabilitas yang sama," terang Demas.

Demas Agil yang belum lama mengakhiri mass lajangnya dengan menikahi gadis kesayangannya itu menegaskan siapa pun yang akan menjadi kompetitornya di lintasan, baik itu pembalap pabrikan atau privateer akan tetap sama penyikapannya.

"Kita selalu siap berhadapan dengan siapapun. Kelas ini sudah dibuat sedemikian rupa, supaya lebih adil untuk semua. Kalau enggak ada pabrikan, itu kan pilihan dan sekarang wadahnya tetap ada, mereka yang privateer ikut terus. Tiba-tiba tim pabrikan menghilang, kita tetap stay," tambah Demas.

Menurutnya, salah satu hal yang membuat pertarungan menjadi lebih kompetitif pada putaran pertama ini karena adanya perubahan regulasi salah satunya penggunaan bahan bakar dengan Ron98, membuat persaingan lebih baik dari sebelumnya.

"Dengan adanya regulasi baru, ya ini membuktikan  siapapun bisa menjadi juara dengan bersaing secara sehat di lintasan balap," tegas Demas Agil putra dari mantan peslalom kawakan, Agus Djohansyah ini. (sya, bs)

TERKINI
Wuling Resmi Buka Pemesanan Cloud EV di PEVS 2024, Harga Pre-book Rp410 Juta FIF Terima Fasilitas Pinjaman Berkelanjutan Senilai 60 Juta Dolar GWM dan Spirit Global di Ajang Beijing International Automotive Exhibition BYD Motor Indonesia Tanda Tangani Kerja Sama Pembelian Lahan dengan Suryacipta Swadaya untuk Pengembangan Industri EV BYD