Rio Haryanto Mendapat Jaminan Menpora Balap Di F1

Jum'at, 11/12/2015 18:22 WIB

mobilinanews (Jakarta) – “Bismilah semoga lancar, saya tanda tangan sebagai jaminan untuk memastikan Rio Haryanto masuk F1.” Itu cuitan Menpora Imam Nahrawi di twitternya pada Jumat (11/12) sore.  

Garansi dari Menpora itu tentu agar Rio Haryanto bisa membalap di Formula 1 tahun depan. Seperti diketahui pada Jumat tadi Sinyo Haryanto, Indah Pennywati (keduanya orang tua Rio Haryanto) dan Piers Hunnisset (manajer) menemui Imam Nahrawi di kantornya Senayan Jakarta.

Dengan jaminan Menpora yang notabene pemerintah itu maka hampir dipastikan Rio bakal bisa berlaga di ajang F1 tahun 2015. “Bapak Menteri memberikan surat garansi itu kepada manajemen Rio Haryanto. Rencananya, Menpora juga akan melakukan komunikasi intens dengan Menteri BUMN dan Pertamina untuk membantu pembiayaan Rio,” ujar Alfitra Salam, Sesmenpora.

Seperti diketahui, Rio sudah melakukan test bersama tim F1 Manor di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab pekan lalu. Tapi untuk bisa membalap bersama tim yang dimiliki Stephen Fitzpatrick itu harus menyetor 15 juta euro (sekitar Rp 230 miliar).

Pertamina selaku sponsor Rio dalam 4 tahun terakhir di GP2 sudah berkomitmen  memberikan 5 juta euro. Untuk itu, masih kekurangan sebesar 10 juta euro. Namun, dengan adanya surat garansi tersebut, Menpora sudah menjamin untuk membayar uang sponsor seluruhnya --via perusahaan-perusahaan yang membantu.

Dalam surat yang sama, Menpora menyatakan bahwa pembayaran akan dilakukan secara bertahap. Sebagai kompensasinya, Menpora meminta aktivitas dan space di mobil Rio nantinya untuk mempromosikan Indonesia dari perusahaan-perusahaan yang menjadi sponsor.

"Kami akan segera mengirim surat jaminan dari Pak Menpora langsung kepada pemilik tim Manor F1. Kami berharap dengan surat ini bisa meyakinkan tim Manor agar Rio berlomba di ajang F1 tahun depan,” ujar Indah, ibu Rio dengan wajah berbinar.

Selamat akhirnya Rio ke F1.

TERKINI
Hampir 100 Peserta Ikut Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang Dukung Pelari Perempuan, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Intip Cara Kartini Zaman Now Belajar Naik Motor yang Aman Bareng Honda MotoGP Spanyol 2024 : Federal Oil Apresiasi Podium Marc Marquez, Pembuktian Bersama Gresini Racing