Canggih, Sistem SOS Suzuki Bisa Baca Kondisi Tubuh Korban Kecelakaan

Senin, 28/03/2022 01:08 WIB

mobilinanews (Jepang) - Pabrikan motor Suzuki terus mengambangkan berbagai penelitian teknologi untuk mendukung fitur-fitur terbaru untuk produknya. Kebanyakan dilakukan untuk menjaga keselamatan pengguna tunggangannya.

Terbaru, merek berlogo `S` ini mengembangkan SOS atau sistem sinyal darurat. Kabarnya, Suzuki sedang mengerjakan sistemnya sendiri yang terhubung dengan ECU dan sensor inersia untuk mendeteksi dan menilai potensi tabrakan.

Selain itu, paten tersebut juga merinci mekanisme cedera yang dialami pengendara akibat tabrakan melalui sepasang sensor yang terintegrasi ke dalam tubuh pengendara.

Sensor akan menentukan apakah pengendara berdiri atau terbaring di tanah. Sendor ini untuk mendeteksi posisi tubuh korban pasca-kecelakaan.

Jika pengendara bangun setelah kecelakaan dengan berdiri, maka sistem tidak akan menandai kecelakaan masuk dalam kategori tidak parah.

Sebaliknya jika pengendara berbaring di tanah, maka piranti sensor akan membacanya sebagai kondisi darurat.

Selain sensor bodi, Suzuki juga menggunakan kunci motor untuk mendeteksi seberapa jauh pengendara dari motor, setelah terjadi tabrakan.

Jika pengendara berada jauh dari sepeda, maka akan diasumsikan bahwa kecelakaan itu cukup parah.

Sistem SOS juga akan memberi tahu layanan darurat seberapa jauh pengendara terlempar dari motornya untuk segera direspon.

Perkembangan baru ini mengasumsikan bahwa pengendara akan mengenakan sepatu bot khusus dengan sensor. Kunci sepeda motor adalah juga mendpaatkan teknologi canggih.

Dengan teknologi yang dikembangakan, akan membantu menghemat detik hingga menit yang berharga bagi tim tanggap darurat untuk merawat pasien yang mengalami kecelakaan.

Suzuki telah mematenkan pengembangan teknologi ini, dan ke depan akan mengimplementasikan teknologi baru pada sejumlah model sepeda motornya di masa depan dan seterusnya.

Mungkin sistem ini yang paling cocok untuk olahraga dan petualangan seperti VStrom atau motor premium Suzuki lainnya.(elk)

TERKINI
PEVS 2024: NETA Auto Indonesia Catat Prestasi Gemilang dengan Penjualan 108 SPK, Ini Keunggulan yang Ditawarkan Wuling Cloud EV Raih Penghargaan The Most Tested Car di PEVS 2024, Segini Pesanan yang Diperoleh WahanaArtha Ritelindo Rayakan Hardiknas dengan Program dan Promo Spesial GIIAS 2024: Dorongan Konsisten untuk Industri Kendaraan Bermotor Indonesia