Pertalite Makin Populer, Premium Tersingkir?

Minggu, 13/12/2015 05:49 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Upaya PT Pertamina (Persero) untuk menyediakan kebutuhan masyarakat akan jenis Bahan Bakar Minyak (BBM) berkualitas dengan menghadirkan Pertalite menuai hasil yang sangat positif. Pertalite kini semakin digandrungi oleh konsumen Pertamina sehingga mampu menyedot konsumsi Premium (BBM Subsidi) hingga 12 persen.
 
"Penjualan Pertalite sangat bagus, bahkan sanggup mengurangi sebesar 12 persen konsumsi Premum secara nasional. Sekarang kita mampu menjual sebanyak 3 juta liter perhari untuk Pertalite," sebut Wianda Pusponegoro, Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) di acara peresmian SPBU Pasti Prima Lenteng Agung, Jakarta, Jumat (11/12).

Apakah ini menjadi sebuah isyarat akan disingkirkannya Premium, jenis BBM yang masih di subsidi oleh pemerintah? Menjawab pertanyaan ini, wanita kelahiran Cirebon 5 Januari 1977 ini memberikan pernyataan yang sangat diplomatis.

"Pertamina sebagai BUMN tugasnya hanya menyediakan fasilitas dan produk-produk BBM berkualitas kepada masyarakat. Pilihannya, preferensinya, kita serahkan kepada masyarakat. Karena masyarakat jauh lebih paham, jauh lebih mengerti jenis-jenis BBM apa yang sesuai dengan kendaraan masing-masing," tegasnya.

Lebih lanjut ia juga menyatakan bahwa sampai saat ini tidak ada rencana Pertamina untuk menarik Premium dari pasaran, karena hal tersebut bukan menjadi hak dari Pertamina.

"Yang kita bisa lakukan sekarang adalah diserfikasi, inovasi produk serta menyediakan varian produk yang lebih banyak kepada masyarakat."

Lalu sejauh apa upaya Pertamina untuk lebih mempopulerkan lagi Pertalite sehingga konsumen mau beralih dari Premium ke Pertalite? Salah satunya dengan menyediakan lebih banyak SPBU yang melayani penjualan Pertalite.

"Awalnya memang kita targetkan sekitar 500 SPBU, tapi sampai Desember ini malah sudah ada 2.000 SPBU yang jual Pertalite. Kalau ditanya target tahun depan? Kalau sekarang bisa 2.000 SPBU, artinya tahun depan bisa dua kali lipatnya (4.000 SPBU)," pungkasnya.

Pertalite merupakan varian BBM terbaru dari Pertamina yang memiliki RON 90. Posisinya ada di atas Premium (RON 88) dan di bawah Pertamax (RON 92). Varian BBM ini dijual oleh Pertamina seharga Rp 8.300/liter.

TERKINI
HUT ke-1 VIORI Chapter Tangerang, Wahana Makmur Sejati Dorong Komunitas Motor Honda Jadi Pelopor Cari Aman Berkendara Persaingan MotoGP 2024 Makin Ketat, Juara 1 dan 2 Hanya Selisih Dibawah 1 Detik, Ini Buktinya! Round 2 Mandalika Racing Series 2024 Makin Seru, Disponsori Pertamina dan Ada Kelas Baru Kabel Kelistrikan Motor Ternyata Punya Batas Usia, Simak Cara Mengetahui Kabel Masih Layak Atau Tidak!