MotoGP 2022 Argentina: Lupakan Mandalika, Skuad Honda Tatap Termas de Rio Hondo Tanpa Marc Marquez

Kamis, 31/03/2022 18:21 WIB

mobilinanews (Argentina) - Tim Repsol Honda dipimpin Pol Espargaro menuju GP Argentina, 1-3 April 2022 ini. Ia didampingi test rider Stefan Bradl yang menggantikan Marc Marquez yang masih dalam tahap pemulihan akibat diplopia pada matanya.

Espargaro mengaku bergairah menuju Argentina yang tak menggelar MotoGP sejak 2020 akibat Covid-19.

Ia menyebut saatnya melupakan duka nestapa Honda di GP Indonesia, Sirkuit Mandalika, di mana penampilannya sangat buruk gara-gara Michelin menggunakan ban yang berbeda dengan saat tes pra musim di sirkuit yang sama.

Duka lain menimpa Marquez, alami kecelakaan fatal yang membuat diplopia (pandangan mata berbayang) yang sudah sempat pulih kembali meradang.

"Kami alami akhir pekan menyedihkan di Mandalika. Tapi, itu adalah masa lalu. Kini kami fokus ke Argentina untuk menunjukkan potensi kami seperti di GP Qatar. Semua tahu seperti apa keunggulan Honda saat ini," papar Espargaro.

Meski belum pernah mengendarai Honda di Termas de Rio Hondo, Espargaro yakin RC213V besutannya bisa bersaing di garis depan.

Itu ia simpulkan melihat peforma motor sejak tes pra musim dan di GP Qatar. Kalau ia lemah di Mandalika, ia sebut bukan karena Honda tapi karena kebijakan Michelin memasok ban yang spesifikasi 2018 dengan alasan cuaca panas Mandalika.

Pengalaman Espargaro tampil di sirkuit kebanggaan Argentina itu adalah bersama tim Yamaha Tech3 dan KTM. Prestasi terbaiknya finish P6 bersama Yamaha pada 2016 dan P10 dengan KTM pada 2019.

"Penampilan saya cukup konsisten dalam beberapa kali balapan di sini. Bersama Honda saat ini saya tahu persis apa yang bisa saya lakukan," ujarnya.

Semangat sama diapungkan Bradl, pembalap Jerman yang sejak tahun 2020 menjadi pembalap pengganti Marquez setiap kali juara dunia 6 kali ini harus menepi akibat cidera.

Belum dipastikan Honda, tapi besar kemungkinan Bradl lanjut sebagai rider pengganti Marquez di GP Amerika Serikat, Sirkuit Austin, seminggu setelah GP Argentina.

Di kesempatan lain, Marquez memberikan kabar positif lewat media sosial kepada para penggemarnya. Ia memajang fotonya tengah bermain juggling (permainan dengan tiga bola tenis) untuk melatih penglihatannya.

Therapi itu diberikan dr. Sanchez Dalmau untuk melatih koordinasi pandangan pada matanya. Pembalap Spanyol itu pun mengabarkan kalau kondisinya terus semakin baik.

Marquez diharapkan bisa sepenuhnya pulih dan kembali ke sirkuit pada GP Portugal di Sirkuit Portimao, 22-24 April 2022.

Semoga itu yang terjadi untuk menepis kemungkinan ia pensiun dini akibat gangguan pada matanya. (rnp)

 

TERKINI
Honda Resmikan Layanan Bodi dan Cat Baru di Mitra Lenteng Agung Depok Jawa Barat, Perluas Layanan Purnajual Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya Mendukung Pelari Perempuan Berprestasi, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Begini Cara "Kartini Zaman Now" Belajar Mengendarai Motor yang Aman Bersama Honda