Parade dan TalkShow Pembalap 3 Generasi : Indra Saksono Bawa Greatco Fenomenal, Fino Pamerkan Vios ISSOM !

Selasa, 05/04/2022 14:28 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Seperti halnya mendiang Aswin Bahar, pembalap senior mobilinanews.com/tags/Indra Saksono/" style="text-decoration:none;color:red;">Indra Saksono ini juga menjadi salah satu legenda balap mobil Indonesia. Jika Aswin Bahar sempet balap motor, mas Indra - begitu sapaan akrabnya - sejak awal memang hanya main mobil.

"Waktu itu kan kendalanya nggak ada sirkuit. Maka, kami sering kumpul-kumpul di Bundaran HI (Hotel Indonesia) bersama Beng Soeswanto, Chepot Hani Wiano dan yang lain. Yang terjadi, kami terpaksa sering menutup jalan. Kadang di HI, kadang di Semanggi. Zaman itu, tahun 60-an kan polisi masih sedikit ya hehe," buka mobilinanews.com/tags/Indra Saksono/" style="text-decoration:none;color:red;">Indra Saksono kepada mobilinanews

mobilinanews.com/posts/1/2022/2022-04-05/3071b68af8e17957fa69712167104fc3_1.jpg" alt="" width="100%" />mobilinanews.com/tags/Indra Saksono/" style="text-decoration:none;color:red;">Indra Saksono kenalkan Chesa kepada Toshio Obara bos Toyota Gazoo Racing Indonesia 

Kemudian, mereka mendapatkan "sirkuit baru" di bilangan Halim - sekarang untuk lapangan udara - untuk menyalurkan libido balap yang tinggi, dan kemudian menyusul beberapa lokasi lain ada di Pangkalan Jati, Kramatjati, Senayan hingga Curug (Tangerang).

mobilinanews.com/tags/Indra Saksono/" style="text-decoration:none;color:red;">Indra Saksono yang mengaku masih muda di usia 72 tahun kini, kemudian ikutan balap mobil di sirkuit Ancol Jakarta Utara dengan tim Dihondidi lalu ke tim Inti Karya menggunakan mobil Honda. 

Tak lama setelah itu, karena sesama pemakai mobil Honda dan dianggap memiliki skill mumpuni, kemudian diajak gabung Aswin Bahar ke tim Honda pabrikan.

mobilinanews.com/posts/1/2022/2022-04-05/b4f4c5b535757def6d5caf9f5a7d0d60_1.jpg" alt="" width="100%" />Fino Saksono, andalan Toyota Team Indonesia di awal 2000-an

"Sama almarhum Aswin Bahar, saya kemudian bersama membesarkan ASDC (Aswin Safety Driving Course). Saat itu, saya masih inget, ada 2 pembalap wanita yang ikutan yakni Endang Hadisoemarto dan Lola Moenek. Mereka lebih banyak fun sih," terang mas Indra.

"Jadi, sebelum ke Toyota, saya sempat membalap dengan Honda. Masuk Toyota Team Indonesia, saya diajak Tommy Santosa dan papanya, Harry Santosa yang waktu sudah GM (General Manager) Servis di Toyota Astra Motor. Yang mendirikan TTI waktu itu Pak Toni Supatra dan mending Pak Memet Djumhana," ungkap mas Indra.

Yang menarik, pada sesi media 90-an, Toyota memasukkan unit Toyota Great Corolla dari Jepang yang memang didesain dan modifikasi untuk balap mobil. Mobil itu dipakai mas Indra, kemudian dilanjutkan dengan Fino Saksono (putranya) pada awal 2000-an.

Serunya lagi, Greatco - demikian mas Indra dan TTI menyebutnya - mobil balap fenomenal itu, masih bisa hidup mesinnya dan layak jalan bahkan bisa dipakai balap. 

mobilinanews.com/posts/1/2022/2022-04-05/1894c26dfc8c2571934ae3c245fed7ce_1.jpg" alt="" width="100%" />mobilinanews.com/tags/Chesa Saksono/" style="text-decoration:none;color:red;">Chesa Saksono, the next generation Saksono

"Untuk acara Parade dan Talk Show Pembalap 3 Generasi gelaran Mobilinanews, Greatco kami hidupkan dan insyaallah akan kami pakai untuk parade di IIMS Hybrid 2022 besok di JI-Expo Kemayoran," ungkap mas Indra.

Selain Greatco, Toyota Vios juga akan diboyong ke Kemayoran besok. Vios ini pula yang dipakai balap mas Indra pada putaran 1 balap mobil ISSOM 2022, pertengahan Maret lalu di Sentul International Circuit, Bogor.

Oya, mas Indra ini memiliki 4 anak - semua cowok - dan sempat mengikuti balap. Namun kemudian seleksi alam tinggal dua yakni Adi Saksono dan Fino Saksono. 

"Adi sepertinya talentanya di balap gokart Intercontinental A, sedangkan Fino tampaknya yang paling menuruni bakat balap saya," lanjut mas Indra.

Yang membuatnya bangga, karena salah satu cucunya bernama mobilinanews.com/tags/Chesa Saksono/" style="text-decoration:none;color:red;">Chesa Saksono (10 tahun) anak dari Suryo Saksono anak kedua mas Indra atau kakaknya langsung Fino Saksono, sudah mulai main gokart.

"mobilinanews.com/tags/Chesa Saksono/" style="text-decoration:none;color:red;">Chesa Saksono akan menjadi The Next Generation Saksono, segera kita titipkan kepada mas Iwan Semut Ireng untuk dibina. Jika selama ini anak-anak saya bina langsung, kali ini saya tidak mau campur tangan," terang mas Indra.

"Saya melihat, Chesa ini memiliki bakat dan animo tinggi balapan. Saya prediksi, bakal bisa mengalahkan Fino Saksono kelak,"pungkas mobilinanews.com/tags/Indra Saksono/" style="text-decoration:none;color:red;">Indra Saksono. (bs)

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag