Talkshow Pembalap 3 Generasi: Hadir Bersama Anak dan Cucu, Ria Sungkar Bilang Sudah 4 Generasi!

Kamis, 07/04/2022 01:25 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Perhatian peserta dan pengunjung IIMS 2022 di JIExpo pada Rabu (6/4/2022) sore sempat terpecah oleh gelegar suara knalpot mobil-mobil balap yang selama ini hanya tampak di sirkuit. Lengkap dengan jokinya.

Para pembalap nasional macam Alvin Bahar, Avila Bahar, Fino Saksono, Rio SB, Daffa AB, Rizal Sungkar, Ridwan Thalib dan para yunior mereka, hadir dengan besutan andalan masing-masing di lintasan balap.

Juga hadir para senior yang tak lain adalah orangtua sang pembalap seperti Ria Sungkar, Indra Saksono dan Farid Thalib yang masing-masing sudah torehkan berbagai prestasi di masa lalu.

Opa, Oma, anak dan cucu itu memang datang satu paket karena acaranya bertajuk Parade dan Talk Show Pembalap 3 Generasi yang digelar IIMS bersama mobilinanews.com.

Selain memeriahkan ajang pameran otomotif terbesar Indonesia itu, acara ini juga dimaksudkan untuk menginspirasi para keluarga di Indonesia. Karena faktor terbesar yang membuat para pembalap itu berprestasi adalah support keluarga.

Semuanya lantas membawa mobil masing-masing berparade satu putaran di area terbuka IIMS, dengan dentuman knalpot racing tadi. Beberapa brand mobil yang aktif di kancah balap ikut dalam parade ini. Meski hanya satu putaran, tapi cukup menyedot perhatian pengunjung pameran.

Setelah itu peserta manggung dalam acara talk show yang dipandu Budi Santen dari mobilinanews.com dan Emelyn Laode dari IIMS. Berlangsung rileks plus diselingi canda, pada dasarnya semua bercerita tentang perjalanan karir masing-masing yang disajikan dalam artikel tersendiri di portal ini.

Selain pengunjung IIMS, pemirsa terbesar yang disasar acara ini adalah masyarakat luas lewat livestreaming di akun IG iims_d dan rekamannya lewat kanal youtube.

Cerita-cerita seru mereka bisa disaksikan lewat kedua saluran medsos itu, lengkap dengan celoteh lucu para cucu seperti Zavier Sungkar, Altaf Thalib dan Chesa Saksono yang sudah berkompetisi gokart sekarang ini.

Acara talk show seperti ini memang rutin berlangsung dalam gelaran IIMS di JI-Expo Kemayoran dengan berbagai topik otomotif saban tahunnya.

"Tahun ini kita ambil topik Pembalap 3 Generasi karena memang menarik. Karena hanya dengan kecintaan besar pada dunia balap itu sendiri yang membuat aktivitas sama bisa turun temurun dari opa/oma hingga cucu. Sebenarnya ada beberapa keluarga pembalap yang juga 3 generasi namun berhalangan tampil hari ini," terang Budi Santen.

Namun, ada `protes` yang muncul terkait sebutan 3 Generasi tersebut. Datang dari Ria Sungkar, wanita pereli top Indonesia yang juga ibunda pereli internasional Rifat Sungkar dan Rizal Sungkar.

"Kami ini bukan 3 tapi 4 generasi," tukas istri mendiang Helmy Sungkar itu.

Ria yang selain reli juga pernah ikut balap ketahanan (Endurance Race) 18 Jam di sirkuit Ancol dan berhasil menjadi juara itu menuturkan ayah dan ibunya juga pereli.

"Iya, papa Gondokoesoemo dan ibu juga pereli loh. Bukan co-driver atau penumpang. Jadi yang nyopir mobil di ajang time rally," tutur Ria Sungkar.

Ria Sungkar dan suami (Helmy Sungkar) beserta adik-adiknya juga aktif di dunia balap. Anak-anak pasangan Ria-Helmy juga aktif di lintasan.

"Sekarang cucu saya mulai balapan gokart. Jadi, sudah 4 generasi dari buyut sampai cicit. Ceritanya sangat panjang," tutur Ria yang reputasinya bersama keluarga tak perlu diceritakan lagi karena sudah banyak ditulis media.

Memang luar biasa 5 keluarga yang tampil pada acara di IIMS Hybrid 2022 ini. Profesi turun-temurun yang sebenarnya sulit dicapai karena tingkat resiko yang tinggi di kancah balapan.

Bravo untuk ke-5 keluarga : Ria Sungkar, Aswin Bahar, Indra Saksono, Irjen Purn Anang Boediharjo dan Faried Thalib! (rnp)

 

 

 

 

TERKINI
Hyundai dan Grab Salurkan Alat Batu Gerak dan Kursi Roda Kepada Penyandang Disabilitas Wuling Ajak Komunitas Rasakan Sensasi dan Kenyamanan Berkendara Cloud EV Tutup Ajang PEVS 2024 dengan Gemilang, MG Raih Penghargaan Favorite Big MPV untuk MG Maxus 9 Spesifikasi Seres E1, Peraih Penghargaan Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024