Istimewanya Jakarta International E-Prix Circuit di Ancol Dibanding Sirkuit FE Lainnya di Dunia!

Sabtu, 16/04/2022 21:58 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Sepekan lalu, lintasan aspal Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) di Ancol, Jakarta Utara, sudah tersambung.

Artinya, secara fisik, pembangunan lintasan balap sepanjang 2,4 km tersebut telah rampung.

Meski begitu, menurut Irawan Sucahyono sebagai Vice President Infrastructure dan General Affairs Formula E Jakarta/" style="text-decoration:none;color:red;">Formula E Jakarta, sirkuit belum bisa digunakan.

"Jadi, JIEC belum bisa digunakan hingga pelaksanaan Formula E Jakarta/" style="text-decoration:none;color:red;">Formula E Jakarta pada 4 Juni mendatang," ujar Irawan Sucahyono.

Menurut Irawan Sucahyono yang mantan Sekjen PP IMI, sirkuit yang aspalnya sudah tersambung ini merupakan versi revisi dari FIA.

"Penyelesaian pembangunan sirkuit sempat tertunda beberapa hari, karena ada masukan dari FIA terkait safety," lanjut Irawan Sucahyono.

"Secara lay out sirkuit, tidak ada yang direvisi. Hanya titik run off di tikungan 17 yang ditarik lebih keluar, demi alasan safety," terang Irawan Sucahyono.

Dan JIEC menjadi istimewa karena tampaknya akan menjadi sirkuit Formula E satu-satunya yang dibangun dari nol.

Lainnya merupakan sirkuit yang sudah ada lalu dimodifikasi dan renovasi, atau jalan raya di tengah kota yang disulap jadi sirkuit balap mobil listrik yang sejak 2021 diakui FIA sebagai World Championship (Kejuaraan dunia). (bs)

 

 

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag