MotoGP 2022 Portugal: Fabio Quartararo Bidik Kemenangan Perdana, Tapi Harus Penuhi Syarat Ini Dulu

Jum'at, 22/04/2022 11:18 WIB

mobilinanews (Portugal) - Tujuan utama Fabio Quartararo di musim kompetisi 2022 adalah mempertahankan gelar juara dunia yang ia raih musim 2021. Cilakanya, 4 race berlalu tanpa satu pun ia petik kemenangan.

Tak pernah raih poin maksimum membuat El Diablo, julukannya, kini tertahan di posisi kelima klasemen sementara MotoGP 2022 dengan defisit 17 poin dari Enea Bastianini (Gresini Ducati) selaku penguasa klasemen sementara.

Tahun lalu pada seri Portimao pertama, El Diablo start front row dan sukses menjadi juara di akhir balapan. Itu pula yang dibidik Quartararo, terlebih setelah dua race memprihatinkan di GP Argentina dan Amerika.

Ia sendiri punya semangat tinggi masuk Sirkuit Algarve pada 22-24 April 2022 ini. Tak lain karena karakter lintasan yang ia nilai klop dengan Yamaha YZR-M1 yang ia geber.

Juga karena di trek itu top speed tak begitu berpengaruh. Stabilitas dan speed di wilayah tikungan lebih dominan menciptakan lap times.

"Tahun lalu saya menang di Portimao dengan mengesankan (melawan Francesco Bagnaia/Ducati) dan Joan Mir (Suzuki). Saya ingin tampil seperti itu lagi. Seperti biasanya, target adalah jadi  juara," katanya.

Direktur Tim Yamaha Massimo Meregalli pun merasa M1 sangat cocok dengan tipikal sirkuit Algarve. Hanya saja, katanya, syarat awal untuk meraih kemenangan adalah hasil kualifikasi.

Jika El Diablo dapat front row seperti tahun lalu maka potensi kemenangan lebih besar mengingat ketatnya persaiangan tahun ini.

"Trek ini bagus buat Fabio maupun Franky (Franco Morbidelli). Tahun lalu Fabio juara dan Franky di P4. Tahun 2020 Franky naik podium. Keduanya berpotensi kembali ke podium jika kami bisa hasilkan posisi bagus di kualifikasi," kata Meregalli.

Artinya, sebelum raceday pada Minggu (24/4/2022), El Diablo harus pol-polan di kualifikasi. (rnp)

 

 

 

 

TERKINI
WRC 2024 Portugal: Toyota Gazoo Racing Mainkan Duet Sebastien Ogier dan Kalle Rovanpera, Hyundai Munculkan Sordo Belkote Dukung Penuh JDM Funday 2024 di Pertamina Mandalika International Circuit Lombok, Animo Tinggi Sportcar Jepang PEVS 2024: NETA Auto Indonesia Catat Prestasi Gemilang Cetak 108 SPK, Ini Fitur Unggulannya Wuling Cloud EV Raih Penghargaan The Most Tested Car di PEVS 2024, Segini Pesanan yang Diperoleh