WRC 2022 Krosia: Kalle Rovanpera Menggila Dengan Toyota Yaris, Sapu 6 Dari 8 Special Stage

Sabtu, 23/04/2022 00:08 WIB

mobilinanews (Krosia) - Pereli muda Finalndia, Kalle Rovanpera (21 tahun) semakin mempertegas diri sebagai kandidat juara dunia WRC 2022.

Kecepatan skuad tim Toyota Gazoo Racing itu menggeber Yaris Rally1 tak terkalahkan. Ia unggul 6 dari 8 Special Stage (SS) yang digelar sepanjang Jumat (22/3/2022).

Hujan yang turun di beberapa SS awal menguntungkan Rovanpera yang start pertama. Lumpur yang ia sapu dan tertinggal di aspal jalanan membuat pereli di belakangnya alami kesulitan.

Bahkan beberapa mobil jadi selip dan kecelakaan. Hanya 2 SS yang ia `berikan` ke pereli lain, yakni SS3 buat rekan satu timnya Elfyn Evans dan SS8 buat joki tim Hyundai Thierry Neuville.

Usai SS8 dari total 20 SS yang ditempuh hingga finish pada Minggu (24/4) mendatang, Rovanpera kini unggul telak 1 menit 4,0 detik dari Neuville.

Neuville yang di klasemen kejuaraan 2022 juga menguntit Rovanpera sebagai pemimpin klasemen, sempat alami kejadian nahas di sesi pagi. Ia harus mendorong Hyundai i20-nya ke service area sepanjang 800 meter akibat masalah teknis pada altenator mobil. 

Persitiwa itu membuatnya telat masuk kembali ke pos dan kena penalti 40 menit. Jumlah yang sangat berat dikejar di sisa balapan. Dengan kata lain, peluangnya secara teknis sangat sulit menuju podium.

Sedangkan Evans yang sebenarnya dijagokan Toyota untuk merebut gelar tahun ini masih terpuruk di urutan 6 hasil sementara Rally Krosia. Pereli Inggris itu tertinggal 2 menit 49,1 detik dari yuniornya, Rovanperi.

Rovanpera mengakui menjadi starter pertama memang menguntungkan.Tapi, secara keseluruhan ia memang lebih cepat karena performa mobilnya di lintasan aspal Kroasia sangat mulus. Belajar dari pengalaman sebelumnya, set up yang digunakan sangat efektif.

"Tapi, saya pun harus berjuang keras agar bisa mencapai finish tanpa berbuat kesalahan. Saya sangat fokus karena sedetik saja kesalahan bisa berakibat fatal. Saya hindari resiko seminim mungkin dan itu berhasil," katanya.

Sabtu (23/4/2022) berlangsung 8 SS lanjutan dari SS9 hingga SS16. Curah hujan yang tengah rajin turun di berbagai negara Eropa diprediksi masih akan mewarnai lomba.

Tugas Rovanpera hanyalah menjaga konsistensi di setiap SS karena musuh terdekat di klasemen adalah Neuville. Jika ia bisa memetik banyak selisih poin dari pereli asal Belgia itu maka posisi di puncak klasemen sementara 2022 semakin mantap.

Saat ini, Rovanpera memimpin klasemen sementara dengan total poin 46, diikuti Neuville di posisi kedua dengan 32. (rnp)

 

TERKINI
Mandalika Radical Experience Diluncurkan di The Elite Showcase 2024 ICE BSD City, Siap Gelar 3 Seri Radical Cup Tips Agar Motor Irit Bensin: Pemeriksaan Tekanan Ban dan Pengaturan Beban F1 2024 Emilia Romagna: Starting Grid Berubah, Oscar Piastri Terlempar dari Front Row,, Ferrari Diuntungkan F1 2024 Emilia Romagna: Max Verstappen Pole Sitter, Raceday 63 Laps Bakal Sulit Ditebak