WRC 2022 Portugal: Kalle Rovanpera Cetak Hattrick, Dani Sordo Belah Dominasi Toyota Gazoo Racing!

Minggu, 22/05/2022 21:50 WIB

mobilinanews (Portugal) - Pereli muda Finlandia Kalle Rovanpera, 21 tahun, mencetak hattrick di Rally Portugal setelah sebelumnya berturut juara di seri Swedia dan Kroasia. Sayangnya, tim Toyota Gazoo Racing gagal finish 1-2-3 pada Minggu (22 Mei 2022) ini.

Rovanpera menutup reli di lintasan gravel ini dengan sempurna lewat kemenangan di SS21, stage terakhir yang juga menjadi power stage sekaligus mendapatksn 5 bonus poin. Membuatnya semakin kokoh di klasemen sementara kejuaraan reli dunia dengan total poin 106.

Jumlah poin yang membuatnya nyaman karena unggul telak 46 angka atas jagoan tim Hyundai Thierry Neuville di urutan kedua klasemen. P3 hingga 5 klasemen dihuni Takamoto Katsuta (Toyota/38 poin), Ott Tanak (Hyundai/37) dan Elfyn Evans (Toyota/36).

Memasuki hari terakhir lomba hari ini sebenarnya Toyota berpotensi memborong podium 1-2-3 di Portugal lewat Rovanpera-Evans-Katsuta, tapi kesempatan itu dirusak oleh pereli senior Hyundai Dani Sordo dengan mengalahkan Katsuta di SS terakhir.

Dengan komposisi klasemen saat ini maka bisa dipastikan Toyota Gazoo Racing akan memprioritaskan Rovanpera di kejuaraan dunia 2022. Bukan lagi Evans selaku pereli nomor satu tim sejak Sebastien Ogier mundur dari kompetisi regular WRC seusai raih gelar dunia 2021 lalu.

Di kejuaraan dunia konstruktor, Toyota juga teratas dengan poin 175, diikuti Hyundai (116) dan Ford (94).

"Sejauh ini segala sesuatunya sangat bagus. Seperti sebelumnya kami bertanding untuk.menjadi juara. Semua orang dalam tim sangat senang. Terima kasih kepada Jonne yang berikan panduan hebat di tengah berbagai kondisi sulit di lintasan," kata Rovanpera, putra pereli legendaris Finlandia Hari Rovanpera.

Evans yang kalah 15,2 detik dari yuniornya mengaku sudah kerahkan seluruh kemampuan yang ia miliki.

"Tentu saja kecewa karena gagal juara. Saya angkat topi pada Kalle. Tapi, dari sisi saya, kembali naik podium sungguh positif," komentar Evans yang baru kali ini cicipi podium di musim 2022.. (rnp)

 

 

TERKINI
FIFGROUP Resmikan Kampung Berseri Astra, Binaan Pertama Di Kota Depok F1 2024: Max Verstappen, "Dibayar 250 juta Euro pun Tak Cukup Membuat Saya Pindah ke Mercedes" Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Wuling Raih The Most Popular EV Brand Dalam Penghargaan Listrik Indonesia 2024