MotoGP 2022 Italia: Bawa Mesin dan Aero Kit Baru, Aleix Espargaro Siap Kudeta Quartararo

Jum'at, 27/05/2022 21:24 WIB

mobilinanews (Italia) - Aleix Espargaro benar-benar dimanjakan Aprilia untuk bertarung di GP Italia, Sirkuit Mugello, yang notabene home race Aprilia selaku pabrikan Italia.

Setelah perpanjangan kontrak dengan bayaran dua kali lipat, kini RS-GP-nya dibekali mesin dan perangkat aerodinamika baru.

Hasilnya sudah terlihat di dua sesi latihan, FP 1 dan 2 GP Italia pada Jumat (27-5-2022) di Sirkuit Mugello. Pada sesi pagi (FP1), Aleix tercepat kedua di bawah Takaaki Nakagami (LCR Honda) dengan gap 0,4 detik. Ia mengalahkan para rider Ducati, Honda dan Suzuki yang berada di 10 Besar. Sementara Quartararo (Yamaha) di urutan 11.

Sesi sore, gantian Aleix yang membawa RS-GP tercepat dengan keunggulan 0,4 detik atas duet rider pabrikan Ducati, Francesco Bagnaia dan Jack Miller. Pada sesi ini Quartararo berada di urutan 9. 

Itu jelas hasil yang menggiurkan dan jadi sinyal awal yang positif menuju raceday pada Minggu mendatang. Kesimpulan sementara dari efek mesin dan aero kit baru itu adalah stabilitas RS-GP di area tikungan yang membaik.

Di trek lurus Mugello yang panjangnya lebih dari 1 kilometer itu juga membaik karena Aleix mampu lari dengan top speed 353 km/jam.

Memang masih kalah dari Enea Bastianini (Gresini Ducati) dan Alex Rins (Suzuki) yang sama-sama punya kecepatan maksimal 355 km/jam. Tapi, itu tadi, Aleix punya keuntungan di wilayah tikungan untuk raih lap tercepat.

"Secara mesin kami di atas Yamaha tapi masih di bawah Ducati. Punya top speed bagus memang penting, tapi itu sama sekali tak jadi penentu dalam race nanti. Contohnya Fabio (Quartararo) tahun lalu, menang di sini meski power mesinnya lebih lemah dari pabrikan lain," kata Aleix yang tengah on fire dengan kontrak barunya, plus kepastian bahwa tahun depan Aprilia sudah punya tim satelit yang ia idamkan selama ini.

Quartararo memang layak jadi perbandingan dan jadi bidikan Aleix. Tak lain untuk kepentingan posisi di klasemen sementara yang artinya adalah kesempatan dan tantangan menjadi juara dunia 2022. 

Saat ini Aleix berada di urutan 2 klasemen dengan total poin 98, atau 4 angka di bawah Quartararo yang punya poin 102.

Setelah kemenangan pertama dan sensasional di GP Argentina dan tiga podium berturut di seri Portugal, Spanyol dan Prancis, maka lumrah jika ia membidik kemenangan di Italia sekaligus mengkudeta Quartararo dari puncak klasemen.

Potensinya jelas sangat terbuka jika melihat hasil sementara di dua FP awal. Juga dengan melihat performa M1 besutan Quartararo yang mencemaskan.

Sabtu esok digelar sesi FP3 dan 4 plus kualifikasi. Ini kesempatan lanjutan Aleix yang tengah bersemangat penuh untuk membuktikan keampuhan mesin dan aero kit barunya.

Juga membuktikan Aprilia layak perpanjang kontraknya meski sudah berusia 32 tahun. Mari dinanti! (rnp)

TERKINI
PT BYD Motor Indonesia Menandatangani Kerja Sama Pembelian Lahan dengan PT Suryacipta Swadaya untuk Pengembangan Industri EV BYD di Indonesia Ingin Tampil Beda, Ini Referensi Modifikasi Wuling Air EV dari Tomi Airbrush 3.000 Lebih Konsumen Motor Honda Memilih Jadi Member Honda VIP Card Platinum Plus Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya