M Oliveri Saadie Rito Sini, Bintang Baru Di Ajang Gokart Telah Menonjol Sejak Debut

Sabtu, 28/05/2022 20:08 WIB

mobilinanews (Sentul) - Nama lengkapnya : Muhammad Oliveri Saadie Rito Sini. Masih 9 tahun, tepatnya kelahiran 31 Juli 2012. Boleh dibilang relatif baru di ajang balapan mobil kate ini, sekitar 3 tahun.

Namun kemunculannya, cukup menjanjikan dan bahkan sudah menunjukkan prestasi international. Terbaru, Oliver Sini menjadi juara 1 kelas Mini Rok kejuaraan Rok Cup Italia di sirkuit Franciacorta, Brescia, Minggu (24/4/2022).

Siswa Sekolah Global Jaya Bintaro, Tangerang Selatan ini juara race 1. Sedangkan Qarrar Firhand, bintang belia Indonesia lainnya ganti yang meraih juara 1 race 2 siangnya, pada balapan round 3 yang diikuti 29 pegokart ini. 

Oliveri Rito Sini bersiap start balapan

Bagi Oliver, pegokart yang bernaung di BMHS Racing Team, prestasi di Italia ini bukan kali pertamanya. 

Saat debut balapan gokart di Italia pada 19 September 2021, Oliver langsung berhasil naik podium juara 3 di sirkuit Franciacorta, Brescia.

Bisa menjadi juara 1 di Rok Cup Italia pada 24 April lalu itu sungguh di luar ekspektasi. Tak pelak, membuat kaget Rito Alam Rizal Sini, SE. "Wah seneng banget, om. Awalnya, dapat pole 2 (start urutan 2) aja udah seneng. Eh, malah dapat P1," ujar Rito Sini. 

Sejak turun di ajang gokart sekitar 2 tahun lalu, talenta Oliver sudah tampak menonjol. Maka sejak tahun lalu, oleh orang tuanya diikutkan balap gokart di Italia bersama M Kaenan Rito Sini, sang kakak pegokart kelas Senior.

Oliveri (kanan) bersama 2 kakaknya

Pada debutnya pada ajang gokart, di Sentul International Karting Circuit (SIKC), Bogor, Oliveri langsung merangsek ke posisi 2 kelas Cadet  Eshark Rok Cup. Dia hanya kalah dari Qarrar Firhand.

Menurut sang ayah, tujuan awal memasukkan 2 putranya M Kaenan Rito Sini dan M Oliveri Saadie Rito Sini dibawa ke arena gokart agar memiliki kegiatan yang positif dan sehat.

Rito Sini yang komisaris Bundamedik Healthcare System (BMHS) itu bisa membayangkan jika 2 dari 3 anaknya itu (seorang anaknya lagi perempuan) tidak dicemplungkan pada kegiatan olahraga.

Bungsu dari 3 bersaudara

“Tahu sendiri kan, pergaulan anak-anak sekarang? Intinya, saya membawa Kaenan dan Oliver ke gokart selain berolahraga, juga melatih kompetisi, sportifitas dan alhamdulillah kalau bisa juara,” ungkap Rito Sini.

"Kalau Oliver masih cari jam terbang. Kalau dibandingkan dengan Qarrar, wah itu mah berat. Jam terbang udah tinggi haha," ungkap Rito Sini saat itu.

Bahkan di awal-awal, Rito Sini selalu mengatakan, "Kalau Oliveri bisa naik podium, ya kami anggap itu sebagai bonus aja," terang Rito Sini, sembari menambahkan tahun pertama untuk adaptasi bagi Oliver. Dan berharap di tahun kedua mulai ada prestasi. 

Berlatih motocross di Pagedangan BSD City Tangerang Selatan

"Oliver cepat merespon instruksi dan memiliki karakter agresif. Jadi lebih mudah membentuknya jadi pembalap andal," ujar Haridarma Manoppo, coach Oliver yang tampak sering mengawal ke Italia. 

Tentu tidak hanya Oliver, namun juga sang kakak M Kaenan Rito Sini mendapat perhatian sang sama.  

"Insya Allah, mudah-mudahan Oliver dan Kaenan bisa berkembang terus," pungkas Rito Sini. (bs)

 

 

 

TERKINI
PT BYD Motor Indonesia Menandatangani Kerja Sama Pembelian Lahan dengan PT Suryacipta Swadaya untuk Pengembangan Industri EV BYD di Indonesia Ingin Tampil Beda, Ini Referensi Modifikasi Wuling Air EV dari Tomi Airbrush 3.000 Lebih Konsumen Motor Honda Memilih Jadi Member Honda VIP Card Platinum Plus Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya