F1 2022 Monaco: Charles Leclerc Kembali ke Puncak Klasemen, Menggusur Max Verstappen!

Minggu, 29/05/2022 00:03 WIB

mobilinanews (Monaco) - Judul di atas sangat berpotensi terjadi usai GP Monaco pada raceday Minggu, 29 Mei 2022.
Ya, jika tak hujan dan jika tak sial seperti tahun lalu, Charles Leclerc (Monaco) sangat mungkin meraih kemenangan pertamanya di negeri sendiri. Tak lain karena ia tampil dominan sejak sesi latihan. Ia juga bawa Ferrari F1-75 tercepat di sesi Q1, Q2 dan Q3 sekaligus meraih pole position untuk raceday. Itu posisi yang amat krusial di trek jalanan Monte Carlo yang sempit dan sulit menyalip lawan.

Satu hal lagi, Leclerc dalam status purple di sesi kualifikasi. Artinya ia tercepat di semua sektor. Jika sendirian di depan plus penjagaan Sainz, sangat mungkin Leclerc akan unggul signifikan.

Faktor lain yang menguntungkan Leclerc adalah posisi start rekan setimnya yang juga solid sejak awal dan pada balapan esok start bareng dari baris depan. Di belakang mereka berada  dua driver Red Bull, Sergio Perez dan Max Verstappen. Verstappen sendiri tak pernah masuk 3 Besar, selalu berada di P4.

Dengan posisi start itu jelas Ferrari tak akan gegabah menentukan strategi di awal start, semata untuk mengamankan Leclerc. Bukan mustahil Sainz akan mendapat tugas untuk mengawal team mate-nya agar aman dari kejaran lawan.

Bicara usai kualifikasi, Leclerc memuji performa mobilnya yang konsisten di semua sesi. Membandingkan dengan mobil lawan, ia sangat percaya diri masuk race besok dengan harapan bisa merayakan kemenangan perdana di negeri sendiri bersama fans lokal dan tifosi Ferrari yang memenuhi sirkuit.

"Ini pekan yang sangat menyenangkan di tengah antusiasme penonton. Saya senang, sejauh ini tak ada masalah dan semoga demikian hingga akhir balapan," kata Leclerc yang juga yakin dengan race pace dan daya tahan mobilnya menempuh durasi balapan sebanyak 78 laps dengan jarak tempuh 260,286 km.

Satu hal yang ditakutkan Ferrari dan seluruh pendukungnya adalah hujan yang bisa turun saat race. Prediksi cuaca mengatakan 60% kemungkinan turun hujan. Menurut Leclerc, jika wet race akan membuat segalanya lebih sulit tapi itu dihadapi semua pembalap. Jadi, tak ada alasan baginya untuk tidak siap.

Verstappen yang mengeluhkan performa mobilnya sejak sesi practice, bertambah kecewa karena tak punya kesempatan memperbaiki waktu di akhir sesi Q3. Ia sudah lakukan perubahan setingan RB18-nya untuk mengejar catatan waktu Leclerc 1:11,376. Setidaknya untuk melewati waktu Perez dan Sainz.

Sialnya, tekad itu tak bisa ia wujudkan karena terjadi insiden antara Perez dengan Sainz jelang masuk terowongan khas Monaco. Mobil Perez mlintir dan berhenti di tikungan. Sainz di belakangnya sudah melihat bendera kuning, tapi tak bisa mengelak dan terjadilah benturan kedua mobil sekaligus hentikan sesi kualifikasi. Verstappen yang berada di belakang Sainz pun harus ikut berhenti.

Seperti kata Sainz, ini adalah Monaco yang tak punya kepastian finish atau tidak karena banyak hal tak terduga bisa terjadi. Itu pula kalimat penghibur untuk Verstappen yang justru berharap terjadi chaos saat balapan agar semua prediksi bisa berubah.

Jika Leclerc aman menyandingkan pole sitter dengan P1 pada race maka itulah saatnya ia kembali memuncaki klasemen sementara, menurunkan Versatppen. Dengan selisih 6 poin saat ini, hanya dua kemungkinan yang membuat Verstappen tetap di puncak klasemen. Yakni mengalahkan Leclerc di garis finish. Kalau Lecler juara maka Verstappen harus finish P2 plus mencetak fastest lap dengan bonus 1 poin. Tentu untuk meraih fastest lap ini tak mudah dan juga beresiko.

Bisakah itu ia lakukan? Dan, akan seperti apakah Sainz akan memerankan diri sebagai pelindung Leclerc? (rnp)

POSISI START GP MONACO 2022

PositionDriver (Team)
1Charles Leclerc (Ferrari)
2Carlos Sainz (Ferrari)
3Sergio Perez (Red Bull)
4Max Verstappen (Red Bull)
5Lando Norris (McLaren)
6George Russell (Mercedes)
7Fernando Alonso (Alpine)
8Lewis Hamilton (Mercedes)
9Sebastian Vettel (Aston Martin)
10Esteban Ocon (Alpine)
11Yuki Tsunoda (AlphaTauri)
12Valtteri Bottas (Alfa Romeo)
13Kevin Magnussen (Haas)
14Daniel Ricciardo (McLaren)
15Mick Schumacher (Haas)
16Alex Albon (Williams)
17Pierre Gasly (AlphaTauri)
18Lance Stroll (Aston Martin)
19Nicholas Latifi (AlphaTauri)
20Zhou Guanyu (Alfa Romeo)

 

 

 

 

 

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag