Syabil Umar Basalamah, Pegokart Termuda 6 Tahun Raih Trofi Juara di Eshark Rok Cup 2022

Senin, 30/05/2022 15:08 WIB

mobilinanews (Bogor) - Namanya Syabil Syabil Basalamah. Umur 6 tahun, kelahiran 21 Februari 2016. Boleh jadi, Syabil bocah termuda di ajang Kejurnas Gokart Eshark Rok Cup 2022 putaran 3 yang digelar di Sentul International Karting Circuit (SIKC), Bogor, Minggu (29/5/2022). 

Namun meski pun paling kecil, Syabil sudah menghasilkan trofi juara kelas Entry Level (kelas untuk yang pertama kali main gokart). Tepatnya, siswa sekolah TK B di Cikal, Jakarta Timur ini, menjadi juara ke-4.

Syabil Umar Basalamah, podium ke-4

Seperti pada umumnya anak yang tengah mengikuti balap, justru orang tuanya yang super tegang. Hal itu pun dialami Umar Abdullah Basalamah, orang tua Syabil yang seorang jawara balap mobil ISSOM di Sentul International Circuit. 

"Saat race Final kelas Entry Level, dengan segala perjuangan Syabil, sampe gw merem gak berani liat dia berhasil pertahanin posisi ke-4 dan podium. Alhamdulillah seneng banget," ungkap Umar Abdullah usai penyerahan hadiah sembari tertawa.

Menurut Umar, pembalap andalan Bank BJB Delta Garage Racing Team, sebenarnya Syabil bisa finish saja sudah senang. "Tapi anaknya ngotot banget, nggak mau kalau disalip. Cuma mungkin karena badannya paling kecil, jadi fisiknya belum kuat," terang Umar. 

Sebenarnya, Umar juga cuma pengen putra pertamanya itu ada pengalaman aja. Karena dia pembalap termuda, baru 3 bulan lalu umur 6 tahun.

Bersiap line up di grid untuk start 

Syabil QTT start ke-5. Kemudian di Prefinal maju ke-4 dan di Final, dia bisa mempertahankan posisi tersebut hingga finish. 

Syabil yang berlomba dengan bendera Delta Garage Kart Racing Team juga tampak happy banget bisa naik podium untuk kali pertamanya. Soalnya, pada putaran sebelumnya, dia masih finish ke-6. 

"Thanks to papi mami, opa oma, adek Shazana, kepala mekanik om Dicky Setiawan, team mate Syabil Raziel alias EL, om Firhan, om Avan, om Rinald, om Reza, manager om Halid dan om Zed," ungkap Syabil. 

Harapan Umar sebagai orang tua?

Support dari papi, mami dan adek Shazana

"Berharap Syabil terus berkembang secara natural, dengan terus berlatih dan mengikuti event balap gokart. Hingga nantinya terbentuk menjadi seorang pembalap yang andal," senyum Umar.

Satu lagi harapan Umar, "Mungkin zamannya Syabil di balap mobil ISSOM nanti dia pakai FK8 type R, tapi udah seumur Estilo zaman sekarang hehe...".

Anyway, congrats untuk Syabil calon penerus dinasti balap keluarga Abdullah Basalamah. (bs) 

 

TERKINI
WRC 2024 Portugal: Toyota Gazoo Racing Mainkan Duet Sebastien Ogier dan Kalle Rovanpera, Hyundai Munculkan Sordo Belkote Dukung Penuh JDM Funday 2024 di Sirkuit Mandalika Lombok, Disambut Animo Tinggi Sportcar Jepang PEVS 2024: NETA Auto Indonesia Catat Prestasi Gemilang Cetak 108 SPK, Ini Fitur Unggulannya Wuling Cloud EV Raih Penghargaan The Most Tested Car di PEVS 2024, Segini Pesanan yang Diperoleh