MotoGP 2022 Italia: Sukses Para Pembalap Tuan Rumah Ternyata Ada Peran Istimewa Valentino Rossi

Rabu, 01/06/2022 01:08 WIB

mobilinanews (Italia) - Dua pembalap Italia di atas motor Italia dan di dalam tim Italia menorehkan sejarah di Sirkuit Mugello di seri GP Italia, dengan memborong tiga posisi start terdepan di sesi kualifikasi. All Italiano Front Row. Dua di antaranya terkait erat dengan legenda MotoGP asal Italia, Valentino Rossi.

Adalah Fabio Giannantoni (Gresini Ducati) dan dua rider tim Mooney VR46 Ducati : Marco Bezzecchi dan Luca Marini (adik tiri Valentino Rossi).

Bezzecchi pembalap ruki 2022 dan salah satu petarung tangguh di musim balap Moto2 dua tahun terakhir sebelum promosi ke MotoGP.

P2 di sesi kualifikasi GP Italia pada Sabtu (26-5-2022) adalah raihan terbaiknya di kelas primer, apalagi setelah finish P5 dalam race yang 4 pembalap di depannya adalah para jagoan MotoGP saat ini. Marini pun sukses raih P6, sementara Giannantonio tercecer ke posisi 11.

Ternyata sukses Bezzecchi dan Marini pada Sabtu petang itu tak lepas dari peran sang legenda Italia, The Doctor, yang hadir di lokasi.

Il Dottore datang dalam prosesi resmi pensiunnya plat nomor 46 selamanya dari ajang Grand Prix. Nomor spesial itu hanya jadi kenangan untuk menghormati sang pemilik, pemegang rekor 9 gelar dunia - 7 di antaranya di kelas primer.

Jelang kualifikasi, eks pembalap tim Honda, Yamaha dan Ducati itu memberikan tips buat Marini dan Bezzecchi. Ia bahas penggunaan ban di Mugello, racing line, karakter semua tikungan termasuk bagaimana cara efektif memasukinya dan saat keluar.

"Semua pembalap bisa dengan mudah menemukan racing line. Tapi, Valentino bisa menuntun kami bagaimana memperlakukan motor dengan garis itu. Ia bisa melihat semuanya dari luar trek karena ia lama di sini. Ia melihat semuanya yang tak bisa dilihat para pelatih kami," puji Marini.

Dua rider tim VR46 yang baru tahun ini meluncur di grid MotoGP jelas sebuah prestasi. P5 dan 6 di garis finish pun terbilang istimewa. Itu juga tentu sukses buat The Doctor.

Saat raceday, Rossi tak berada di Mugello. Mungkin ia lebih suka bermain dengan putri mungilnya yang baru lahir.

Tapi, kemenangan Francesco Bagnaia adalah bagian dari kemenangan Rossi juga. Usai balapan yang membuatnya jadi pemenang kali pertama di Mugello, dengan nuansa di mana-mana masih ada atribut Rossi meski sudah tak balapan, Bagnaia menyebut kemenangan di kandang Italia itu tak hanya membanggakan dirinya dan Ducati.

Tetapi juga seluruh awak VR46 Rider Academy yang beberapa tahun lalu dibentuk Rossi untuk meredam dominasi Spanyol di kancah balap motor dunia.

Kini semakin banyak pembalap Italia di MotoGP. Empat di antaranya didikan Rossi di Tavuilla Camp. Selain Marini, Bezzecchi dan Bagnaia, ada juga Franco Morbidelli di tim pabrikan Yamaha.

Sayang, Morbidelli tampil tak seganas musim sebelumnya lantaran sejak tahun lalu dibekap cidera lutut yang belum sepenuhnya sembuh.

Di kelas Moto3 dan Moto2 juga bermunculan alumnus VR46 dengan catatan prestasi menjanjikan. Di kelasMoto3 ada Andrea Migno di urutan 6 klasemen dan masih berada di jalur perebutan gelar tahun ini.

Demikian juga di kelas Moto2, Celestino Vietti malah tengah memimpin klasemen sementara kejuaraan dunia pembalap.

Itu hasil pembinaan berjenjang berkesinambungan yang dilakukan The Doctor buat serdadunya di Tavuilla. Mereka tak hanya berlatih bersama, tapi juga disebar ke berbagai kompetisi level Italia, Eropa dan akhirnya ajang Grand Prix.

Tak salah jika menjelang pensiun tahun lalu Rossi mengatakan sudah merasa tenang meninggalkan balap motor karena sudah banyak rider Italia bermunculan dan punya potensi berebut kemenangan. Termasuk dari luar grup VR46 seperti Giannantonio dan Bastianini.

"Pertumbuhan balap motor Italia saya kira sudah berada di jalur yang benar," ucap sang legend yang pensiun, menjadi suami dan seorang bapak pada usia 42 tahun. (rnp)

 

 

 

 

 

 

 

TERKINI
GWM Indonesia dan Ideafest Selenggarakan Diskusi Inspiratif Bahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid, MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Daihatsu Kumpul Sahabat Yang Disupport GT Radial, Ajak Pelanggan Setia Berbagi Kebahagiaan di Harapan Indah Bekasi Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap