Juara Jakarta E-Prix eSport Championship, Daffa AB : Kemenangan Ini Saya Dedikasikan Untuk Papa!

Jum'at, 03/06/2022 01:28 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Daffa Ardiansa Boediharjo (Daffa AB) akhirnya dinobatkan sebagai juara Jakarta E-Prix eSport Championship 2022, setelah menjuarai round 3 di mode sirkuit Formula E Ancol, Jakarta Utara, Rabu (1/6/2022).

Keputusan pemenang memang tidak bisa dirilis pada malam itu juga, lantaran terjadi insiden yang "sangat memilukan" terhadap Andika Rama Maulana di mana tinggal 3 tikungan lagi finish untuk menjadi juara, mengalami "insiden senggolan" dengan Jaka Siswoyo.

"Penyelenggara memutuskan Daffa AB secara clear dan sah menjadi juaranya. Sedangkan terkait insiden Rama dan Jaka Siswoyo, setelah pengawas perlombaan berulang-ulang melihat rekaman insiden tersebut, hukuman penalti waktu 5 detik dijatuhkan kepada Jaka," ujar Presley Martono selaku penyelenggara kepada mobilinanews.

Tiga besar round 3 tersebut secara berurutan juara 1-3 adalah Daffa AB, Jaka Siswoyo dan Faiz Rayyan. "Sedangkan untuk juara overall championship, Daffa AB kesatu, Faiz Rayyan kedua dan Andika Rama Maulana ketiga," terang Presley.

Daffa AB yang baru akan genap berusia 15 tahun pada 14 Juli nanti, memang layak menyandang predikat bergengsi ini. Dari 3 round yang digelar, Daffa AB 2 kali menjadi juara 1 (round 2 di Merdeka Barat dan round 3 di Ancol). Sedangkan round 1 di Senayan, Daffa AB finish ke-7.

Ia juga mencetak best time sebagai pembalap tercepat pada sesi Pra-Kualifikasi untuk menyaring 180 calon peserta event berkelas ini menjadi 22 sim racer saja, guna mengikuti 3 round.

"Alhamdulillah bisa dapet hasil terbaik. Makasih buat Jakpro yang membuat balapan bergengsi Road to Jakarta E-Prix 2022, juga JMX Phantom sebagai penyelenggara dan sponsor-sponsor lainnya," kata Daffa AB dengan bendera P-Five Racing Team.

Dan, hasil terbaik ini secara khusus didedikasikan untuk Irjen Pol Anang Boediharjo, ayahanda tercinta yang berpulang ke Rahmatullah pada 13 Februari 2022. Pak Anang adalah sosok sentral sekaligus inspirator bagi Daffa sebagai anak bungsu yang selalu mensupport secara optimal saat di gokart maupun sim racing.

"Iya, kemenangan ini saya dedikasikan untuk papa, yang telah mensupport saya hingga bisa menjadi juara di Jakarta E-Prix ESport Championship ini. Alfatehah untuk papa," ujar Daffa AB dengan suara bergetar.

"Alhamdulillah, saya ikut senang. Meskipun sebenar nya saya juga menyayangkan sempat terjadi insiden kepada Rama. Tapi ya itulah balap, terkadang terjadi hal tak terduga," ungkap Andrew Boedihardjo, kakak sulung Daffa AB.

"Balap kali ini benar-benar menggembirakan terutama buat keluarga, karena Daffa berhasil jadi juara umum dalam event yang bisa dibilang cukup langka dan bergengsi," lanjut Andrew Boedihardjo

Atas kemenangan ini, Daffa AB akan menerima hadiah utama berupa uang tunai sekitar Rp 17 jutaan (setelah dipotong pajak) seperti disampaikan Presley Martono, dan akan diserahkan hari Sabtu besok di sela-sela penyelenggaraan balap Jakarta E-Prix 2022 di JIEC Ancol. (bs)

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag