Jalan Pembalap Muda Menuju MotoGP Disiapkan Lewat Ajang FIM MiniGP Indonesia Series 2022

Sabtu, 04/06/2022 01:03 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Dunia motorsport Indonesia terus menggeliat. Terbaru balap FIM MINIGP Indonesia Series 2022  akan digelar sebanyak 6 seri di Sentul International Carting Circuit, 16 Juli hingga 22 September 2022.

FIM MINIGP Indonesia Series 2022 akan diselenggarakan oleh Sport Talenta Indonesia (STI) dan didukung penuh oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat.

Menariknya FIM MINIGP merupakan salah satu program langsung dari Dorna Sport yang diperlombakan di beberapa negara di seluruh dunia. Ajang ini bertujuan untuk pembibitan generasi muda balap, dengan rentang usia usia peserta 10 - 14 tahun.

Dalam kompetisi ini, jawara peserta terbaik di tingkat nasional akan diperlombakan di Final Round di Valencia. Mereka juga akan bersaing di negara masing-masing dalam Junior World Championship, agar dapat menembus Line Up di MotoGP.

Direktur Utama Sport Talenta Indonesia (STI), Happy Harinto mengungkapkan melalui ajang ini, mereka ingin menyiapkan talenta terbaik dari Indonesia agar mampu bersaing di tingkat dunia melalui jenjang yang lebih baik.

"Dengan diadakanya FIM MiniGP World Series, FIM bersama dengan Federasi Bermotor Nasional dan Dorna berusaha untuk membantu negara-negara untuk mempersiapkan pembalap dari seluruh dunia dengan cara yang khusus agar masuk kedalam ekosistem balap MotoGP," ujar Happy Harinto di Black Stone Garage, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (3/6/2022)

Adapun tujuan dari FIM MINIGP adalah menghadirkan seri kejuaraan nasional lintas dunia dengan syarat dan ketentuan yang sama yang berstandar kompetisi MiniGP di semua negara.

"Dengan demikian pembalap dari negara yang berbeda akan mempunyai formasi dan pengalaman yang sama. Semua FMN di seluruh dunia diperbolehkan untuk mengikuti seri kejuaraan ini, akan tetapi harus mengikuti terlebih dahulu seri kejuaraan dibawah FIM MiniGP World Series dan yang termasuk ke dalam agenda Road to MotoGP," tutur Happy.

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat, Bambang Soesatyo menyambut baik penyelenggaraan FIM MINIGP Indonesia Series. Menurutnya, ajang ini akan semakin membuka peluang munculnya bibit atau talenta Indonesia menuju MotoGP.

"FIM MINIGP ini sudah memiliki standar Dorna Sports yang sudah berjalan efektif di banyak negara. Kini dengan masuknya FIM MINIGP di Indonesia tentunya kita berharap bisa muncul banyak bakat dan talenta spesial anak-anak Indonesia yang bisa menembus ajang internasional, tidak terkecuali MotoGP suatu saat nanti," terang Bamsoet.

Pada tahun ini FIM MiniGP World Series diikuti berbagai negara antara lain Indonesia, Perancis, Irlandia, Portugal, Italia, Malaysia, Belanda, Amerika Serikat, Qatar, Spanyol, dan Inggris.

Ada juga negara anggota Uni Alpe Adria Series Czech Republic, Greece, Serbia, Slovenja, Switzerland, Romania, Croatia, Hungary, Bosnia & Herzegovina, Poland, Slovakia.

Dalam kurun waktu 20 tahun, FIM MiniGP telah melahirkan lebih dari 525 rider. Beberapa nama besar jebolan kejuaraan ini antara lain Marc Marquez, Jorge Lorenzo, Casey Stoner, Dani Pedrosa, Alex Marquez, Maverick Vinales, Joan Mir, dan masih banyak rider hebat lainya.

Para pembalap muda ini akan belajar menjadi pembalap professional sejak usia muda, baik memahami peraturan, pengembangan skill maupun attitude dalam balap. Kejuaraan ini merupakan bagian dari program “Road to MotoGP” yang mana pesertanya dapat memiliki jenjang menuju MotoGP.

Dalam penjenjangan, para juara juga akan mendapatkan kesempatan untuk masuk dalam ekosistim MotoGP, seperti ATC (Asia Talent Cup), Red Bull Rookies, FIM CEV Repsol dan sebagainya.

Indonesia juga dipastikan mengirimkan 2 rider terbaiknya untuk mengikuti final di Valencia tahun ini, yang berlangsung bersamaan dengan penutupan musim MotoGP 2022 di Valencia, Spanyol.(elk)

TERKINI
WRC 2024 Portugal: Toyota Gazoo Racing Mainkan Duet Sebastien Ogier dan Kalle Rovanpera, Hyundai Munculkan Sordo Belkote Dukung Penuh JDM Funday 2024 di Sirkuit Mandalika Lombok, Disambut Animo Tinggi Sportcar Jepang PEVS 2024: NETA Auto Indonesia Catat Prestasi Gemilang Cetak 108 SPK, Ini Fitur Unggulannya Wuling Cloud EV Raih Penghargaan The Most Tested Car di PEVS 2024, Segini Pesanan yang Diperoleh