WRC 2022 Sardegna: Joki Hyundai Double Podium, Tapi Rovanpera (Toyota) Kian Kokoh di Klasemen

Senin, 06/06/2022 02:38 WIB

mobilinanews (Italia) - Ott Tanak dan Dani Sordo sukses meraih podium ganda untuk Hyundai di Rally Sardegna, Italia, usai finish pada Minggu (5-6-2022). Sayang, sukses ini justru memperkuat posisi Kalle Rovanpera di klasemen kejuaraan dunia.

Ini sukses perdana Hyundai menjuarai seri kejuaraan dunia WRC 2022, sekaligus memutus tren positif Rovanpera yang menang berturut di seri Swedia, Kroasia dan Portugal. Buat Tanak sendiri, ini kemenangan pertamanya sejak Rally Arctic tahun lalu.

Kemenangan pereli Estonia itu sudah terpetakan sejak awal. Dari 19 SS yang digelar (dua batal), total ia memenangkan 9 SS. Sordo merebut 2 SS dan driver Hyundai lainnya - Thierry Neuville- memperoleh 3 kemenangan SS.

Pesaing mereka, Toyota Gazoo Racing, hanya meraih 3 SS lewat Elfyn Evans dan Esepekka Lappi (2). Rovanpera kesulitan memilih ban di sepanjang reli Sardegna dan finish overall di urutan 5. Di bawah Tanak, Craig Breen (Ford), Sordo dan P Loubet (Ford).

Dominasi Tanak benar-benar terasa. Mengawali 4 SS terakhir, ia sudah unggul 46 detik atas Breen di P2. Karena itu ia hanya perlu memenej waktu hingga akhir dengan bermain safe.

"Ya, kami relatif aman. Tapi, banyak hal bisa terjadi sebelum lomba berakhir. Saya hanya ingin membawa pulang mobil ini dengan poin maksimal," ucap juara dunia 2019.

Tapi, faktanya, Tanak tetap saja gaspol. Menikmati performa mobilnya yang menurutnya dahsyat setelah dipasangi sasis baru. Faktanya, keunggulan waktunya atas Breen bukannya berkurang, tapi naik jadi 1 menit 03,2 detik di akhir lomba.

Sejak WRC memasuki era hybrid mulai 2022, Hyundai memang agak tersendat beradaptasi dengan regulasi baru. Sejak reli Portugal mereka berbenah dan meraih hasil luarbiasa, langsung podium ganda di Italia.

"Sejak generasi hybrid diperkenalkan kami kesulitan. Kemenangan ini sungguh membajagisksn, terlebih buat para mekanik. Mereka telah kerja keras untuk membuat mobil kami kembali kompetitif. Jika kepercayaan diri sudah diperoleh, kami akan bisa meningkat. Kami hanya perlu lanjutkan pekerjaan," kata Tanak.

Ironisnya, sukses Tanak justru kian memperkokoh Rovapera di klasemen sementara. Pasalnya, yang selama ini mengejar Rovanpera di klasemen adalah Neuville yang kali ini finish ke-29 dan gagal mendapuk poin.

Komposisi di 3 Besar klasemen saat ini jadi Rovanpera (120 poin), Neuville (65) dan Tanak (62l. Sedangkan Breen berkat runner up di Sardegna kini naik ke peringkat 4 klasemen dengan total poin 52.

"Trek di sini benar-benar tricky. Saya tak bisa berbuat banyak di atas mobil. Tapi, yang paling penting adalah poin kami semakin jauh dari Thierry," komentar Rovanpera. (rnp)

 

TERKINI
WRC 2024 Portugal: Toyota Gazoo Racing Mainkan Duet Sebastien Ogier dan Kalle Rovanpera, Hyundai Munculkan Sordo Belkote Dukung Penuh JDM Funday 2024 di Sirkuit Mandalika Lombok, Disambut Animo Tinggi Sportcar Jepang PEVS 2024: NETA Auto Indonesia Catat Prestasi Gemilang Cetak 108 SPK, Ini Fitur Unggulannya Wuling Cloud EV Raih Penghargaan The Most Tested Car di PEVS 2024, Segini Pesanan yang Diperoleh