MotoGP 2022: Duel Ulang di Catalunya, Yamaha Versus Ducati Hanya Terpaut 0,004 Detik

Selasa, 07/06/2022 01:08 WIB

mobilinanews (Spanyol) - Duel klasik Fabio Quartararo (Yamaha) versus Francesco Bagnaia (Ducati) tak terjadi di GP Catalunya kemarin gara-gara Bagnaiaa diseruduk Takaki Nakagami di awal balapan. Sehari kemudian, Senin (6 Juni 2022), keduanya lakoni duel mencari best time di trek yang sama, Catalunya. 

Event seharian ini memang bukan balapan, tetapi tes resmi MotoGP di mana semua pabrikan membawa dan menguji berbagai komponen baru di motor masing-masing. Termasuk 3 Besar yang saat ini tengah berebut gelar antara pembalap Yamaha, Ducati dan juga Aprilia. Dua pembalap teratas di klaemen sementara saat ini adalah Quartararo dan Aleix Espargaro (Aprilia). Sementara Bagnaia masih punya asa dan tetap didorong Ducati untuk turut bertarung berebut gelar.

Karena rivalitas itulah maka pengembangan yang masing-maing dibawa pabrikan menarik disimak di Catalunya, terlepas apakah akan dipakai regular dalam sisa race musim ini atau tidak. Quartararo, misalnya, melepas swing arm yang ia gunakan memenangi GP Catalunya sehari sebelumnya. Ia menguji komponen baru yang terbuat dari aluminium, sementara rekan satu timnya, Franco Morbidelli, menguji yang versi karbon. Penggunaan komponen baru itu diyakini Yamaha bisa membantu Quartararo bersaing dalam hal akselerasi maupun top speed yang selama ini ia keluhkan.

Lawannya, Ducati yang tengah memimpin kejuaraan konstruktor, juga bawa part baru di motor Bagnaia. Yakni paket aerodinamika yang benar-benar baru. Di sisi lain lewat rider tim satelit Johann Zarco (Pramac Ducati), pabrikan Italia ini juga menguji sasis yang benar-benar gress. Apakah nantinya sasis itu juga idpasangkan pada Desmosedici GP21-22 milik Bagnaia atau tidak, belum ada indikasinya.

Yang jelas, dengan aerokit baru itu Bagnaia memberikan perlawanan keras kepada Quartararo. Hasil akhirnya adalah kecepatan Bagnaia yang hanya kalah 0,004 detik atau empat per seribu detik dari Quartararo yang tercepat dengan catatan waktu 1:39,447.  

Yang tak kelah menarik adalah Aleix Espargaro di atas Aprilia. Ia lanjutkan pengujian sayap baru berbentuk `T` di buritan RS-GP besutannya. Part itu sebelumnya sudah diuji di Mugello, Italia. Hasilnya, Espargaro finish tercepat ke-4 dengan waktu 0,111 dari Quartararo. Posisi ketiga ditempati Zarco dengan gap 0,053 dari waktu tercepat.

Suzuki yang bakal tinggalkan MotoGP pada akhir tahun ini pun masih sibuk mengembangkan motornya. Dua paket aero berbeda disediakan buat Joan Mir. Pasangannya,  Alex Rins, tak bisa ikut tes lantaran ikut dihantam Nakagami di race Catalunya kemarin dengan cidera serius di pergelangan tangannya.

KTM pun bawa perubahan, tak hanya perangkat aero pada motor Miguel Oliveira tetapij uga swingarm baru untuk Brad Binder.

Dan, tak kalah menarik adalah Honda yang sepanjang musim ini terpuruk. Tiga sasis berbeda diuji sekaligus. Hasilnya, Pol Espargaro bisa bersaing di 5 Besar tercepat. Ia hanya tertinggal 0,241 detik dari Quartararo.

Seri balap MotoGP berikutnya berlangsung di GP Jerman, Sirkuit Sachsenring, 17-19 Juni 2022. Sepertinya yang bersaing di baris depan adalah Yamaha dan Ducati lagi. (rnp)

 

 

TERKINI
WRC 2024 Portugal: Toyota Gazoo Racing Mainkan Duet Sebastien Ogier dan Kalle Rovanpera, Hyundai Munculkan Sordo Belkote Dukung Penuh JDM Funday 2024 di Sirkuit Mandalika Lombok, Disambut Animo Tinggi Sportcar Jepang PEVS 2024: NETA Auto Indonesia Catat Prestasi Gemilang Cetak 108 SPK, Ini Fitur Unggulannya Wuling Cloud EV Raih Penghargaan The Most Tested Car di PEVS 2024, Segini Pesanan yang Diperoleh