WRC 2022 Rally Safari: Langsung Gaspol di Special Stage 1, Neuville Tekuk Rovanpera Hingga 11 Detik!

Kamis, 23/06/2022 21:09 WIB

mobilinanews (Kenya) - Ada 2 topik utama yang jadi daya tarik Rally Safari di Kenya, Afrika, akhir pekan ini. Pertama adalah duel para legenda WRC Sebastien Loeb dan Sebastien Ogier untuk kali pertama di Safari Rally. Berikutnya adalah perseteruan joki Toyota dan Hyundai di klasemen kejuaraan dunia.

Ketegangan antara Loeb (pemegang 9 gelar juara dunia WRC) dan Ogier (8 gelar WRC) memang belum terlihat di hari pembuka Kamis, (23 Juni 2022). Loeb (M-Sport Ford) yang kemarin mengalahkan Ogier di sesi shakedown, hari ini di Specal Stage (SS)1 harus mengakui keunggulan Ogier (Toyota Gazoo Racing). Ogier tercepat di SS pembuka ini sedangkan Loeb bertengger di urutan 5 tercepat dengan marjin 1,8 detik.

Belum ada yang menarik di sesi ini, tapi masih tersisa 18 SS yang akan membuktikan siapa di antara dua pereli Prancis itu yang lebih jago di Rally Safari, salah satu reli terberat di dunia. Kebetulan ini kai pertama mereka berdua bertarung di sana.

Bagi keduanya, event ini tak ada kaitannya dengan gelar juara dunia karena keduanya pun sekadar menguji regulasi baru Rally1 era hybrid yang mulai berlaku tahun ini. Kaitannya hanya soal pamor pribadi sesama pereli legendaris, yang sejatinya sudah pada pensiun dari kompetisi regular.

Tapi, lain halnya dengan tim Toyota Gazoo Racing dengan Hyundai Motorsport. Ini tak hanya soal imej mobil mana terkuat di trek gravel khas Afrika  itu tapi sekaligus perburuan poin di kejuaraan dunia. Karena itu hasil di SS1 langsung membawa getaran tersendiri bagi mereka yang bertarung di jalur perebutan gelar juara dunia 2022.

Thierry Neuville (Hyundai) memang kalah dari Ogier dengan gap 0,6 detik dan harus puas di posisi kedua. Tapi, driver Belgia itu mendapat kemenangan sangat besar karena Kalle Rovanpera (Finlandia/Toyota Gazoo Racing) finish di urutan 11. Pemimpin klasemen sementara itu pun kalah 11 detik, marjin yang terbilang besar untuk modal awal Neuville mengarungi SS berikutnya.

Maklum, hanya kemenangan di Safari Rally ini yang bisa membawa Neuville kembali punya `gigi` dalam persaingan perebutan gelar karena sudah tertinggal jauh di klasemen sementara, Rovanpera 120 poin versus Neuville 65 poin.

Rovanpera banyak kehilangan waktu karena mobilnya sempat melebar di sebuah tikungan dan nyaris terbalik. Insiden ini membuat rusak bagian belakang Yaris Rally1 besutannya sehingga tak bisa maksimal menuju garis start.

"Sedikit salah dalam pengereman. Itu sangat memalukan. Tapi, ini reli panjang dan perlu lebih fokus pada tahap selanjutnya. Semoga tak lagi banyak kehilangan waktu," kata Rovanpera, pereli muda usia 21 tahun yang tahun ini tampil istimewa.

Buat Neuville pun itu semua baru sementara. Lebih penting baginya untuk fokus pada diri sendiri agar tak terulang insiden menyedihkan seperti tahun lalu, saatia sudah di ambang kemenangan di hari terakhir namun gagal karena sebuah kecelakaan kecil.

Rivalitas di kalsemen ini semakin menarik karena pentolan Hyundi lainnya, Ott Tanak (Estonia), menutup SS1 dengan finish 3 Besar. Ia hanya kalah setengah detik dari Neuville.

Daya tariknya adlah posisi kedua driver Hyundai ini di klasemen yang sama-sama mengejar Rovanpera. Tanak berada di peringkat 3 dengan selisih poin hanya 3 angka.

Artinya, Tanak punya potensi menyalip rekan setimnya sekaligus merapatkan jarak dengan Rovanpera. Siapa di antara keduanya yang akan diprioritaskan Hyundai bisa jadi akan ditentukan usai SS2 hingga 7 dituntaskan pada Jumat (24/6). Hari ini hanya SS1 yang digelar.

"Ya, reli sesungguhnya akan dimulai besok. Hari ini semuanya baru mencari-cari ritme masing-masing. Setidaknya kami sudah memulai dengan hasil bersih. Besok adalah cerita lain," kata Tanak yang membuka kemenangan Hyundai tahun ini di Rally Sardegna lalu. (rnp)

 

 

 

 

TERKINI
Honda Resmikan Layanan Bodi dan Cat Baru di Mitra Lenteng Agung Depok Jawa Barat, Perluas Layanan Purnajual Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya Mendukung Pelari Perempuan Berprestasi, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Begini Cara "Kartini Zaman Now" Belajar Mengendarai Motor yang Aman Bersama Honda