WRC 2022 Rally Safari: Pereli Toyota Gazoo Racing Borong Podium, Rovanpera Mantap Menatap Trofi Juara Dunia

Minggu, 26/06/2022 21:44 WIB

mobilinanews (Kenya) - Kalle Rovanpera memang istimewa. Minim pengalaman dalam usianya yang baru 21 tahun, ia mampu menjuarai salah satu reli terganas di dunia, Safari Rally di Kenya, Afrika. Menyingkirkan para legendaris macam Sebastien Loeb dan Sebastien Ogier.

Pereli tim Toyota Gazoo Racing itu menutup hari terakhir Rally Safari pada Minggu (26-6-2022) di Kenya dengan catatan meyakinkan, unggul telak sejak sesi Jumat lalu.

Perjuangan keras, termasuk menahan sakit perut saat di tengah lomba Sabtu kemarin, ia bayar dengan marjin telak di akhir lomba. Ia finish dengan gap 52,8 detik atas pereli senior Elfyn Evans, driver Toyota yang sesungguhnya jadi favorit juara sejak awal musim.

Namun Rovanpera tak jumawa dengan suksesnya. Performa Toyota Yaris Rally1 besutannya adalah faktor utama menembus beratnya medan Safari yang bervariasi dengan lintasan gravel, pasir, berbatu dan bahkan basah karena sempoat diguyur hujan.

"Harus saya akui ini aalah reli terberat  yang pernah saya jalani. Tak ada katalain kecuali berterima aksih kepadaa tim yang menyediakan mobil hebat. Memilik 4 mobil di 4 Besar tanpa isu teknis yang besar membuktikan tim kami memiliki pacuan terbaik di sini. Tim telah lakukan pekerjaan fantastis," ucap Rovanpera yang mengarungi 6 special stage terakhir dengan prinsip bermain bersih untuk menghindari resiko tak terduga.

Ini kemenangan ke-4 Rovanpera dalam 6 ronde awal WRC 2022. Dua seri lainnya dimenangkan Loeb (Ford) pada seri Monte Carlo, Sementara Ott Tanak meraih kemenangan Hyundai di Rally Sardegna.

Toyota yang menurunkan 4 perelinya di Safari Rally meraih sukses besar dengan menempatkan ke-4-nya di 4 Besar. Rovanpera bersama Evans dan Takamoto Katsuta memborong podium, sedangkan Ogier berada di finisher ke-4. 

Mendulang 25 angka di Kenya (tak ingin fight di power stage untuk berebut bonus poin)  membuat Rovanpera semakin kokoh di klasemen sementara WRC 2022 dengan total poin 145.

Mengungguli duet Hyundai, Thierry Neuville dan Tanak, yang berada di peringkat 2 dan 3 dengan poin 80 dan 62. Selsiih poin yang pastinya tak mudah dikejar dalam 7 ronde berikutnya.

"Semuanya sudah jelas, tak ada yang bisa saya katakan. Saya hanya prihati kepada mekanik. Mereka telah bekerja keras tapi tak mendapatkan hasil yang diiinginkan," komentar Neuville yang finish ke-5 namun perolehan poinnya tertolong oleh kemenangan di poer stage dengan tambahn 5 poin.

Tahun lalu Rovanpera sudah mencetak rekor sebagai pereli termuda memenangkan seri WRC dalam umur 20 tahun.

Kini langkahnya tampak semakin mulus untuk mencetak rekor berikutnya di akhir musim, jadi pereli termuda jadi juara dunia WRC. Menggantikan rekor saat ini milik Colin McRae yang merebut gelar 1995 pada usia 27 tahun. (rnp)

 

 

KLASEMEN KONSTRUKTOR WRC 2022

POS.DRIVER POINTS
1.Toyota Gazoo Racing 246
2.Hyundai Shell Mobis World Rally Team 184
3.M-Sport Ford World Rally Team 144
4.Toyota Gazoo Racing NG 68

KLASEMEN PERELI WRC 2022

 

POS.DRIVER POINTS
1.Rovanperä 145
2.Neuville 80
3.Tänak 62
4.Katsuta 62
5.Breen 60
6. Evans 57

TERKINI
Motor Benelli Leoncino 250 Dijual Nyaris Seharga Motor 155 Cc, Harga Mulai Rp30 Jutaan! AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil! Volta Ikut Hadir Meriahkan PEVS 2024 Dengan Luncurkan Warna Baru Tipe Mandala, Brilliant White dan Yellow! ALVA Umumkan Kerjasama dengan Bank BPD Bali, Permudah Elektrifikasi di Linkungan ASN Pulau Dewata